Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 18 Mei 2017 21:40 WIB

Pemerintah Cabut Izin Impor Penimbun Bawang Putih

Jakarta, HanTer - Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman mengatakan, pihaknya akan menindak tegas para importir nakal yang menimbun stok bahan pangan. Dalam kasus penimbunan 182 ton bawang putih di Marunda, kemarin, sebanyak tiga pelaku telah ditindak.

"Sekarang tiga tersangka izinnya kami cabut dan kalau ada yang coba main-main lagi, Menteri Perdagangan sudah perintahkan kami cabut lagi izinnya," kata Amran di Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Ia juga mengatakan masih mengawasi aktivitas importir sehingga jumlah pelaku penimbunan stok bahan pangan kemungkinan masih akan bertambah.

Menurut Amran, pelaku merupakan perusahaan lama dilihat dari ukuran gudang penyimpanannya.
Untuk memastikan tidak ada penimbunan, Kementerian Pertanian telah membentuk Satgas Pangan sampai ke tingkat Polres sehingga dapat menjangkau setiap wilayah.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita juga akan tegas menindak importir yang menimbun stok bahan pangan seperti dalam kasus penimbunan 182 ton bawang putih. "Begitu digerebek, langsung PT itu saya cabut izinnya. Sudah tidak ada urusan itu," kata dia dilansir Antara.

Ketua Satgas Pengendalian Harga Bahan Pokok dan Makanan Bareskrim Polri Brigjen Pol Agung Setya menjelaskan temuan penimbunan 182 ton bawang putih berawal dari info Kementerian Pertanian dua hari lalu.

Satgas yang berada di tingkat Polres, Polda dan Mabes serta sinergi dari sejumlah lembaga dan kementerian, seperti KPPU dan Bulog ini kemudian segera menindak tegas PT LBU yang mengimpor bawang putih kemudian didistribusikan melalui Surabaya dan Medan. "PT LBU tidak hanya memasok dari Surabaya saja, tetapi juga dari Medan. Kita tahu di situlah kita dapatkan gudang menimbun termasuk ada truk yang baru masuk dari Medan," kata dia. 

 

(Arbi/Ant)


comments powered by Disqus