Di Publish Pada Tanggal : Senin, 15 Mei 2017 11:47 WIB

Disiapkan Ratusan Ribu Seat Angkut Pemudik

Jakarta, HanTer - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah berupaya untuk menekan tingkat kemacetan dan kecelakaan moda transportasi darat pada musim mudik Lebaran 2017. Salah satunya, dengan mengalihkan pemudik untuk menggunakan angkutan massal baik lewat udara, laut maupun kereta api.

Menyikapi instruksi tersebut, sejumlah maskapai penerbangan tampak antusias untuk menambah frekuensi penerbangan. Diantaranya adalah Garuda Indonesia, Sriwijaya Air Group, dan lainnya. Tak ketinggalan PT Kereta Api Indonesia (KAI) sejak jauh-jauh hari sudah menjual tiket reguler maupun tambahan untuk musim angkutan Lebaran 2017.

Garuda Indonesia, misalnya, telah menyiapkan 61.324 kursi penerbangan ekstra untuk mengantisipasi peningkatan trafik penumpang selama periode arus mudik dan arus balik Lebaran 2017 yang diperkirakan akan berlangsung pada 16 Juni  hingga 9 Juli 2017 (H-10 s/d H+14),  baik untuk rute domestik dan internasional.

VP Corporate Communications Garuda Indonesia Benny S. ButarButar mengatakan, kapasitas tersebut disiapkan dengan mengoperasikan pesawat berbadan besar (bigger aircraft) serta melalui pengoperasian extra flight. Adapun komposisi penggunaan bigger aircraft dan extra flight tersebut terdiri dari 50.210 seats untuk rute domestik dan 11.114 seats rute internasional.

"Melalui penambahan kapasitas penerbangan tersebut, Garuda Indonesia pada periode peak season Lebaran 2017 ini secara total akan mengoperasikan sebanyak 348 frekuensi penerbangan tambahan yang terdiri 188 penerbangan ekstra dan 160 penerbangan dengan menggunakan pesawat berbadan besar (bigger aircraft)," katanya di Cengkareng, Tangerang, Minggu (14/5/2017).

Adapun rute-rute penerbangan domestik dengan peningkatan kapasitas itu diantaranya, Jakarta-Yogyakarta pp, Jakarta–Padang pp, Jakarta–Solo pp, Jakarta–Semarang pp, Jakarta–Surabaya pp, Jakarta–Denpasar pp, Surabaya–Balikpapan pp, Bandung–Denpasar pp, dan Makassar–Balikpapan pp.

Sedangkan untuk rute internasional diantaranya, Jakarta–Kuala Lumpur pp, Jakarta–Singapura pp, dan Jakarta–Bangkok pp.  “Penambahan kapasitas penerbangan periode peak season Lebaran tahun ini meningkat sebesar 87.24% dari total kapasitas penerbangan ekstra pada periode yang sama tahun lalu,” tambah Benny.

Sriwijaya dan Lion

Hal serupa juga dilakukan Lion Air, Sriwijaya Air Group yang terdiri dari maskapai Sriwijaya Air dan NAM Air. Kedua maskapai ini menyiapkan extra flight dan kursi tambahan sebanyak 138.852 kursi. Program ini berlaku 16 Juni hingga 10 Juli 2017.

Senior Manager Corporate Communications Sriwijaya Air Group, Agus Soedjono mengatakan bahwa layanan extra flight Sriwijaya Air Group tahun ini cukup besar karena jumlah permintaan pasar akan kursi penerbangan selama periode lebaran selalu meningkat.

“Selain untuk mengakomodasi arus mudik, penambahan ini juga ditujukan kepada seluruh pelanggan yang tidak merayakan hari lebaran tapi sering memanfaatkan masa lebaran sebagai momen untuk berlibur bersama keluarga,” kata Agus Soedjono.

Untuk extra flight lebaran Sriwijaya Air Group, dilakukan di 21 rute penerbangan pada rute Surabaya-Balikpapan PP, Jakarta-Pangkalpinang PP, Jakarta-Silangit PP, Jakarta-Surabaya PP, Makassar-Manokwari PP, Makassar-Jogjakarta PP, Lampung-Jogjakarta PP, Jakarta-Solo PP, Jakarta-Padang PP, Jakarta-Semarang PP, Jakarta-Pontianak PP, Jakarta-Kualanamu PP, Jakarta-Jogjakarta PP, Makassar-Balikpapan PP, Balikpapan-Banjarmasin PP, Jakarta-Denpasar PP, Jakarta-Malang PP dan Jakarta-Tanjung Pandan PP.

Dan untuk Nam Air penambahan jadwal penerbangannya akan dilakukan pada rute Pontianak-Jogjakarta PP, Surabaya-Denpasar PP, Palembang-Pangkalpinang PP, Jakarta-Solo PP, Jakarta-Tanjung Pandan PP, Jakarta-Pangkal-Pinang PP dan Jakarta-Semarang PP.

Kereta Api

Sementara itu, PT KAI menyediakan sebanyak 695.420 tiket untuk mudik dan arus balik Lebaran 2017 atau periode 15 Juni sampai 23 Juni 2017. KAI juga telah membuka pemesanan tiket H-90 sebelum keberangkatan.  PT KAI juga menjanjikan penambahan tiket untuk angkutan lebaran 2017 untuk 38 perjalanan dengan 21.860 kursi per hari.
 

(Harian Terbit/Danial )


comments powered by Disqus