Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 06 September 2018 11:56 WIB

Kemenkop & UKM Ajak Generasi Milineal Ikuti Program Wirausaha Pemula

Bogor, HanTer -- Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring mengajak mahasiswa sebagai generasi milenial untuk mengikuti program Wirausaha Pemula yang digulirkan pemerintah sejak tiga tahun terakhir ini. 
 
"Saya mengajak mahasiswa untuk mengikuti perlombaan ini, berlomba membuat proposal usahanya. Proposal yang disetujui akan mendapatkan dana bantuan untuk usahanya. Kita sudah bekerjasama dengan 10 perguruan tinggi," kata Meliadi, di Bogor, Rabu (5/9) 
 
Sesmenkop mengemukakan hal itu buiusai menjadi keynote speaker dalam Seminar dan Diskusi 'Koperasi Sektor Riil Yang Berdaya Saing Dalam Pembangunan Yang Inklusif Menghadapi Tantangan Disparitas Ekonomi'. Seminar yang diadakan Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB, ini dihadiri para mahasiswa dan citivitas akademi lainnya. 
 
 
Dikatakan, program Wirausaha Pemula ini untuk menumbuhkan kewirausahaan di generasi muda, khususnya mahasiswa. Dengan begitu, ketika mereka lulus kuliah mindsetnya bukan lagi mencari pekerjaan melainkan membuka lapangan pekerjaan.
 
"Saat masih kuliah waktunya dipakai untuk berpikir wirausaha. Ya memang harus sedini mungkin berwirausaha, harus diasah, yang lambat laut akan meningkatkan skalanya," ujarnya. 
 
Menurutnya, di negara manapun koperasi dan UMKM menjadi tulang punggung negara saat perekonomian dalam keadaan krisis. Dengan hadirnya wirausaha pemula, maka diharapkan semakin kuat perekonomian Indonesia.
 
"Pertumbuhan ekonomi kita di atas 5 persen, persoalannya apakah merata? Nah, koperasi dan UKM mengapa penting karena jumlahnya banyak sehingga gini rasio bisa kita perbaiki. Karena kemiskinan akan menurun melalui pengembangan koperasi dan UMKM," tambahnya. 
 
Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi IPB Prof. Dr. Ir. Dodik Ridho Nurrachmat, mem