Di Publish Pada Tanggal : Senin, 03 September 2018 14:57 WIB

Kemenkop dan UKM Dukung Pemberian Apresiasi bagi Jurnalis Melalui Praja

Jakarta, HanTer -- Kementerian Koperasi dan UKM mendukung pemberian apresiasi dan penghargaan kepada jurnalis yang memiliki perhatian besar terhadap koperasi dan kewirausahaan di Indonesia melalui Pracico Journalistic Award (Praja) 2018.
 
Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring di Jakarta, Senin (3/9), mengatakan jurnalis perlu mendapat apresiasi karena selama ini telah menghadirkan potret kemajuan koperasi dan kisah-kisah inspiratif mengenai kewirausahaan yang menggugah pemuda di Tanah Air.
 
"Upaya ini banyak meningkatkan pemahaman publik tentang koperasi sekaligus mendorong pertumbuhan wirausaha di Indonesia," katanya.
 
Oleh karena itu, pihaknya mendukung Multi Inti Sarana Group (MIS Group) yang meluncurkan Praja 2018 sebagai ajang apresiasi bagi jurnalis seluruh Indonesia yang memiliki perhatian khusus terhadap geliat koperasi dan kewirausahaan di Indonesia.
 
Praja 2018 sebagai sebuah ajang apresiasi dikemas dalam bentuk kompetisi jurnalistik dalam bentuk karya tulis dan foto. Dengan begitu selain bermanfaat bagi jurnalis yang bersangkutan sekaligus meningkatkan pemahaman publik bahwa koperasi bukan badan usaha kelas dua di sisi lain mampu menginspirasi generasi muda untuk berwirausaha.
 
Meliadi Sembiring mengatakan jumlah wirausaha di Indonesia kini tercatat sebesar 3,1% dari seluruh populasi penduduk atau sekitar 8,06 juta jiwa. Sementara kontribusi koperasi terhadap PDB nasional mencapai 4,48%.
 
"Kami mendukung Praja 2018 sebagai ajang untuk mendorong pertumbuhan koperasi dan wirausaha baru di Indonesia. Kami juga berharap ajang ini bisa menjadi sinergi yang efektif dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.
 
Asisten Deputi Urusan Penelitian dan Pengkajian Kementerian Koperasi dan UKM Christina Agustin mengatakan ajang Praja 2018 sejalan dengan program Kementerian Koperasi dan UKM.
 
Tahun ini misalnya, pihaknya menerapkan program prioritas utama berupa fokus kegiatan pelatihan dan bimbingan teknis bagi para wirausaha pemula, memberikan fasilitas permodalan melalui KUR, fasilitas pinjaman dana bergulir dari LPDB KUMKM, fasilitas promosi dan pameran untuk produk yang dihasilkan wirausaha pemula di bidang TI, dan fasilitasi hak cipta dan hak merek, serta IUMK bagi wirausaha pemula.
 
"Beragam program ini perlu lebih disosialisasikan oleh jurnalis dan melalui ajang Praja 2018 kami berharap hal ini bisa diwujudkan," katanya.
 
Praja 2018 berupa kompetisi jurnalistik yang terbagi menjadi dua kategori yakni karya tulis (berita, feature, atau in depth reporting) dan karya foto (foto berita, foto feature). Penerimaan karya dimulai 3 September 2018 hingga 3 Oktober 2018, karya harus sudah dipublikasikan di media massa dan/atau sosial media peserta selama periode 1 Januari 2017 sampai 2 Oktober 2018.
 
Pemenang akan diumumkan pada 16 November 2018 melalui sosial media @kospinpracico pada instagram dan Kospin Pracico pada Facebook, serta website www.pracico.com. Sedangkan malam penganugerahan Praja 2018 akan diselenggarakan pada 16 November 2018 di Jakarta.
 
Jurnalis yang meraih Praja 2018 pada juara 1 berhak mendapatkan trophy dan uang tunai Rp20 juta, juara 2 trophy dan uang tunai Rp15 juta, dan juara 3 trophy dan uang tunai Rp10 juta.
 
Nominee untuk karya foto terbaik yang hasil karyanya akan dipamerkan dalam pameran foto sebanyak 20 orang akan mendapatkan hadiah masing-masing Rp1 juta.
 


(Anugrah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats