Di Publish Pada Tanggal : Minggu, 02 September 2018 12:35 WIB

Direktur SDM Pertamina Kushartanto Koeswiranto: 'Bisnis Itu Tentang Good People, Good Procces dan Good Result'

Jakarta, HanTer-- Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PT Pertamina, Kushartanto Koeswiranto mengemukakan, sebagai salah satu perusahaan besar di Indonesia, Pertamina harus memiliki SDM yang baik pula. Menurutnya, dalam sebuah bisnis diperlukan tenaga kerja yang handal, kerja keras,  attitude yang baik.
 
"Bisnis itu tentang good people, good procces dan good result. Jadi ini prosesnya mesti benar dan diawali dengan orang-orang yang baik," kata Kushartanto, yang akrab disapa Koes, dalam perbincangan dengan Harian Terbit, sebelum ia dilantik menjadi Direktur SDM, belum lama ini.
 
Dalam perbincangan itu Koes menyampaikan beberapa resep dan mekanisme yang pas yang akan dilakukannya untuk membuat SDM Pertamina lebih baik lagi. “Saya berusaha membuat yang terbaik terkait SDM yang tidak akan merugikan karyawan Pertamina,” ujarnya.  
 
Koes sebelumnya menjabat sebagai Direktur SDM dan Umum di PT Jasa Marga (Persero) sejak Maret 2017, mengaku siap, terutama dengan pengalamannya bekerja di perusahaan multinasional.
 
Berkat pengalamannya menjabat Direktur SDM Jasa Marga dan di perusahaan multinasional, Kus dinilai para koleganya sebagai tokoh yang ahli dalam pengembangan SDM.
 
Koes yakin pengalamannya memimpin di sejumlah perusahaan dapat membantu dia memimpin SDMPertamina seperti misalnya pengalaman dia memimpin di perusahaan ritel dan industri. "Jadi modalnya profesionalisme,” papar pria yang selalu berpenampilan rapih dan menarik ini.
 
Koes juga dikenal sangat dekat dengan karyawan karena dia setiap saat bersedia dialog atau berkomunikasi dengan karyawan. “Saya ini kan pelayan karyawan, jadi tidak bisa bersikap seenakya kepada mereka. Saya harus dekat, melindungi dan merangkul semua karyawan. Saya harus dengar keluhan mereka,  karena mereka adalah kekuatan dan di pundak karyawanlah maju tidaknya sebuah perusahaan, termasuk di Pertamina,” ujar Koes kepada Harian Terbit di sebuah kedai kopi di kawasan Taman Mini beberapa waktu lalu.
 
 
 
Kedekatan dan perlindungannya terhadap karyawan dia buktikan saat DM dan Umum PT Jasa Marga. Saat pemerintah menerapkan elektronifikasi secara serentak pada 31 Oktober 2017, tidak ada pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap para karyawannya dengan menyiapkan program A-Life atau alih profesi kepada para pegawai operasional yang bertugas di gerbang tol.
 
 
 
"Jadi karyawan-karyawan itu yang saat ini bertugas dan kena dampak cashless, selanjutnya akan disalurkan ke induk perusahaan dan anak perusahaan," kata Kushartanto di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, Jumat (13/10/2017).  
 
 
 
Kebijakan ini disambut baik. Melalui program A-Life, para karyawan tersebut akan diberikan kesempatan untuk mengembangkan karir dan menambah wawasan mereka sesuai kemampuan dan minat. Ada dua opsi yang diberikan melalui program ini, yaitu alih profesi ke unit kerja atau anak perusahaan di lingkup Jasa Marga, atau alih profesi menjadi wirausaha.  
 
 
 
"A-life ini adalah satu rangkaian program, salah satunya transformasi bisnis jsmr learning institute hadir untuk mengantarkan percepatan kompetensi karyawan Jasa Marga," kata Kus.
 
 
 
Sementara itu, usai konferensi pers di Kementerian BUMN Jakarta, beberapa hari lalu, mengungkapkan, ia bersama direksi Pertamina lainnya akan lebih fokus kepada segala kesempatan yang bisa diambil, mengingat Pertamina merupakan korporasi strategis di Indonesia.
 
"Pertamina sebagai pilar korporasi di Indonesia, dalam hal aset dan pendapatan, menjadi satu garis besar, karena Pertamina juga menjadi korporasi yang strategis kedudukannya di Indonesia," ungkapnya.
 
Kushartanto Koeswiranto menjabat sebagai Direktur SDM Pertamina berdasarkan Surat Keputusan No. 232/MBU/08/2018, tanggal 29 Agustus 2018 tentang Pengalihan Tugas, Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina.
 
Lulusan Sarjana Ekonomi Undip (1985) dan MBA di IPMI Business School, itu mengawali karirnya di bidang SDM di berbagai perusahaan multinasional.
 
Sebelum bergabung di BUMN Jasa Marga, Kushartanto sudah bergelut di perusahaan multinasional, salah satunya menjabat sebagai President Director KTalents Asia pada 2016-2017.  


(Ali)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats