Di Publish Pada Tanggal : Sabtu, 01 September 2018 18:26 WIB

Kecelakaan Kerja, Ahli Waris Pegawai KAI Terima Santunan Rp258 Juta

Jakarta, HanTer - Pekerjaan di bidang transportasi umum menjadi salah satu profesi pekerjaan yang memiliki risiko kecelakaan yang cukup tinggi, terutama dalam transportasi kereta api.
 
Salah satu contohnya, seperti musibah yang dialami oleh Ahmad Bursa, seorang karyawan PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang mengalami kecelakaan pada 12 Agustus 2018 lalu.
 
Menurut keterangan saksi, pada pukul 04.55 tanggal 12 agustus 2018 Almarhum sedang memandu proses penggandengan lokomotif dengan rangkaian gerbong kereta yang berisikan semen. 
 
Saat memandu jalannya lokomotif itu, Almarhum yang sedang menuju gerbong terjatuh dan tertabrak lokomotif tersebut dan meninggal dunia di tempat. 
 
Ahmad Bursa sendiri tedaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. 
 
Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta gambir,  Singgih marsudi, menjelaskan pihaknya yakni BPJS Ketenagakerjaan bertanggung jawab penuh atas kejadian tersebut dengan diberikannya santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK).
 
“Setiap tenaga kerja yang meninggal dunia saat dalam bekerja berhak mendapatkan hak-hak nya yaitu mendapatkan santunan,” kata Singgih dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (1/9/2018).
 
Singgih didampingi PPS Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Padang, Dwi Emanto Hajiyanto dan  Kepala Bidang Pelayanan Ferama Putri, pada Jumat (31/8/2018), menyerahkan santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) sebesar Rp. 258.855.840  kepada Titen Yeni, istri sekaligus ahli waris Almarhum.
 
Tidak hanya santunan, Almarhum yang meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak itu juga mebdapatkan manfaat lain berupa beasiswa untuk satu orang anak sebesar Rp. 12.000.000.
 
Penyerahan santunan dilakukan di Kantor PT. Kereta Api (Persero) Divre II Sumatera Barat kota yang disaksikan juga oleh  Vice Presiden Divre II Sumbar Bapak Yuherman.
 
Dalam kesempatan itu, Singgih juga mengimbau kepada masyarakat dan tenaga kerja agar selalu saling mengingatkan pentingnya kesadaran kecelakaan kerja dan Jaminan Sosial. Kepada para pengusana, ia mengingatkan agat perusahaan maupun tenaga kerjanya didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan upah yang sebenarnya.


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats