Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 28 Agustus 2018 22:30 WIB

Hoaks, Informasi Penarikan Dana Pekerja Rp21 Juta di BPJS

Jakarta, HanTer - Deputi Direktur Bidang Humas dan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan, Irvansyah Utoh Banja, menegaskan pihaknya tidak pernah menyelenggarakan undian atau sejenisnya dan menjanjikan sejumlah dana atau hadiah.

Hal itu disampaikannya berkaitan dengan beredarnya informasi hoaks yang menyatakan pekerja bisa menarik dana sebesar Rp21 juta di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Informasi ini beredar melalui media sosial (medsos) maupun aplikasi pesan instan.

"Ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang mencoba memanfaatkan brand institusi BPJS dan menyebarkan hoaks,” kata Utoh dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Terkait informasi itu, Utoh menenggarai ada upaya suatu kelompok atau individu untuk mengeruk keuntungan dengan cara menipu masyarakat.

Utoh juga memastikan pihaknya akan terus memantau situs atau media sosial yang terindikasi melakukan praktek penipuan berdasarkan laporan yang masuk. BPJS Ketenagakerjaan akan berkoordinasi dengan Kementerian terkait, agar dilakukan pemblokiran terhadap situs-situs penipuan tersebut.

"Kami imbau masyarakat harus terus waspada. Jangan mudah tertipu oleh semua bentuk penawaran yang mengatasnamakan institusi BPJS. Apalagi terdapat permintaan yang mengarahkan peserta untuk membayar sejumlah uang atau menyebarkan kembali tautan, maka dapat dipastikan hal tersebut bermotif penipuan,” ucap dia.

Hal senada disampaikan, Kepala Humas BPJS Kesehatan, M. Iqbal Anas Ma'ruf. Ia menegaskan, BPJS Kesehatan melalui akun media sosial resmi juga telah menyampaikan bahwa berita tersebut tidak benar adanya. Pihaknya pun berharap agar masyarakat agar berhati-hati menyikapi informasi hoaks tersebut dan tidak ikut menyebarkan informasi hoaks tersebut.

 

 

 


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats