Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 25 Juli 2018 11:44 WIB

Antusiasme Masyarakat Ikuti Transhub Challenge Tinggi

Jakarta, HanTer - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan sangat mengapresiasi atas antusiasme dan partisipasi mahasiswa dan masyarakat umum untuk mengikuti lomba Transhub Challenge. Badan Litbang Kementerian Perhubungan secara resmi telah menutup pendaftaran lomba yang bertajuk Transhub Challenge pada hari Minggu, 22 Juli 2018 pada pukul 23.59 WIB.

Kepala Badan Litbang Kementerian Perhubungan, Sugihardjo mengatakan, acara ini merupakan lomba ide bisnis di bidang transportasi dengan mengundang para pelaku startup baik dari kalangan mahasiswa maupun masyarakat umum.

"Antusiasme masyarakat maupun mahasiswa untuk mengikuti lomba ini sangat tinggi, hal ini terlihat dari total peserta yang tercatat sebanyak 214 peserta, dengan rincian 96 peserta mahasiswa dengan tim, 29 peserta mahasiswa tanpa tim, 60 peserta kategori umum dengan tim, dan 29 peserta kategori umum tanpa tim. Seluruh hak atas kekayaan intelektual (HAKI) ide bisnis adalah sepenuhnya milik masing-masing peserta lomba dan dilindungi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku," kata Sugihardjo dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu (25/7/2018).

Sugihardjo yang merupakan mantan Sekjen Kemenhub mengatakan, saat ini lomba telah memasuki tahap penilaian administrasi dengan tim penilai yang independen, yang dilakukan dari tanggal 23 Juli 2018 sampai dengan tanggal 24 Juli 2018.

"Badan Litbang Perhubungan sebelumnya telah memberikan kesempatan kepada peserta yang belum melengkapi persyaratan administrasi sampai dengan hari Selasa, 24 Juli 2018 pukul 12.00 WIB. Antara lain, Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)," ujar dia.

Setelah tahapan administrasi selesai, peserta yang terpilih kemudian akan dilanjutkan ke tahapan pemilihan proposal ide bisnis terbaik hingga tanggal 9 Agustus 2018, 20 finalis terbaik yang akan diumumkan pada tanggal 10 Agustus 2018 yang terdiri dari 10 peserta kategori mahasiswa dan 10 peserta kategori umum.

Sebelumnya, pihaknya sebagai regulator bertanggung jawab untuk terus membina transportasi supaya dapat meningkatkan kinerja, antara lain melalui peningkatan kualitas pelayanan, keselamatan, serta kapasitas transportasi.

Mereka yang lolos seleksi proposal akan melakukan Business pitching  pada tanggal 15 Agustus 2018. 20 finalis yang lolos tahapan seleksi proposal memiliki kesempatan mendapatkan proyek Business to Business dari pelaku transportasi, kesempatan untuk diinvestasi oleh incubator atau perusahaan transportasi, serta kesempatan untuk di inkubasi.

Pengumuman pemenang lomba akan diumumkan pada tanggal 17 Agustus 2018, dan akan mendapatkan hadiah total Rp200 juta. Dimana juara 1 dari masing-masing kategori akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp50 juta, juara 2 masing–masing kategori akan memperoleh uang tunai sebesar Rp30 juta, serta juara 3 dari masing – masing kategori akan memperoleh uang tunai sebesar Rp20 juta.

Lebih lanjut, Sugihardjo berharap dengan adanya lomba ini akan melahirkan inovasi dan terobosan baru yang out-of-the-box di bidang transportasi. Badan Litbang Perhubungan mempunyai  program Transhub Community yang dapat dimanfaatkan oleh peserta lomba kedepannya.


(Akbar)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats