Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 11 April 2018 20:59 WIB

Bank DKI Fokus Transformasi Digital Banking

Jakarta, HanTer - Tuntutan masyarakat akan transaksi keuangan yang cepat dan modern, membuat Bank DKI terus melakukan berbagai inovasi menuju digital banking. 

Memasuki usia Ke-57 tahun, komitmen ini diterapkan dengan menghadirkan teknologi digital perbankan melalui peluncuran aplikasi JakOne Mobile, sejak akhir 2017 lalu.

“Tahun 2017 merupakan tahun yang menantang, namun Bank DKI berhasil mencatatkan berbagai pertumbuhan kinerja, seiring dengan berbagai inisiatif strategis yang menjadi milestone pencapaian Bank DKI tahun ini,” kata Direktur Utama Bank DKI, Kresno Sediarsi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Data Bank DKI mencatat, per Desember 2017, pertumbuhan aset mencapai sebesar Rp51,41 triliun atau tumbuh sebesar 26,74% dari Rp40,56 triliun pada tahun 2016. Pertumbuhan total aset tersebut berada di atas rata-rata pertumbuhan perbankan nasional yang tercatat sebesar 9,79% di tahun 2017.

Kresno menjelaskan, pencapaian total aset tersebut terutama didukung oleh pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang meningkat signifikan pada tahun 2017. Adapun DPK per 31 Desember 2017 tercatat sebesar Rp38,33 triliun, tumbuh sebesar 34,74% dari Rp28,45 triliun pada tahun 2016.

Pertumbuhan tersebut juga berada diatas rata-rata pertumbuhan DPK perbankan nasional yang tercatat sebesar 9,40% di tahun 2017.

Berbagai aktivitas bisnis yang dilakukan di sepanjang tahun 2017 telah berhasil mendorong pencapaian laba perseroan yang positif. Laba bersih per 31 Desember 2017 tercatat sebesar Rp712,17 miliar, meningkat 10,40% terhadap tahun 2016 sebesar Rp645,11 miliar.

Pada 2018 ini, menghadirkan berbagai inovasi menuju digital banking menjadi tantangan Bank DKI. Oleh karena itu, perseroan secara serius mengembangkan JakOne Mobile, sebuah aplikasi layanan keuangan digital yang terdiri mobile banking dan mobile wallet yang dapat dipergunakan untuk melakukan berbagai transaksi kebutuhan sehari-hari masyarakat atau nasabah.

Diantaranya, pembayaran biller Telkom PSTN, tagihan air, pembayaran tiket maskapai penerbangan, pembayaran TV berlangganan dan pembayaran tagihan pulsa prabayar serta pascabayar melalui smartphone pada merchant-merchant yang bekerjasama dengan Bank DKI.

“Pengguna JakOne Mobile juga dapat melakukan pembukaan rekening tabungan secara online,” jelas dia.

Sebagai tambahan, Bank DKI juga melakukan pengembangan fitur pada JakOne Mobile dengan melakukan penambahan biller BPJS Kesehatan, Pajak Bumi dan Bangunan serta Digitalisasi pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat Polda Metro Jaya. Atas hal tersebut, pada tanggal 26 Maret 2018, Bank DKI berhasil mendapatkan rekor MURI pada kategori Pelayanan STNK secara Digital dengan Sistem Pembayaran melalui QR Pertama di Indonesia. 

 

 

 


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats