Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 15 Maret 2018 21:26 WIB

OJK Imbau Masyarakat Jaga Kerahasiaan PIN ATM

Jakarta, HanTer - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta kepada masyarakat agar tetap menjaga kerahasiaan PIN anjungan tunai mandiri (ATM).

"Masyarakat harus benar-benar menjaga kerahasiaan PIN, pasword, nama ibu kandung dan yang memang wajib dirahasiakan," kata Kepala OJK Sulutgomalut, Elyanus Pongsoda di Manado, Kamis (15/3/2018).

Elyanus mengatakan hal ini untuk menghindari terjadinya kehilangan dana di rekening secara tiba-tiba. Karena, katanya, kalau data-data itu bocor atau diberikan kepada orang kalaupun diminta, biasanya melalui telepon kalau penipu, sehingga hal itu akan dimanfaatkan untuk membobol.

Dia mengatakan untuk kasus yang terjadi, karena dana nasabah hilang secara misterius, harus menjadi pelajaran berharga bagi nasabah lainnya. "Namun, masyarakat tidak perlu khawatir, karena kasus tersebut, pasti akan ada jalan keluar," katanya.

Informasi hilangnya uang nasabah juga pernah terjadi dalam perkara yang diterima oleh OJK. Biasanya, modusnya lewat mesin ATM, misalnya adanya oknum yang mengganjal mesin itu, merekam PIN, duplikasi PIN, sehingga oknum tersebut bisa mengetahui PIN nasabah bersangkutan.

Pihaknya juga akan lebih intensif lagi memberikan edukasi pada nasabah agar lebih berhati-hati dalam penggunaan nomor PIN ATM. Nomor tersebut dianjurkan agar disimpan dengan baik, dengan tetap menjaga kerahasiannya. Ini terkait pengamanan mengenai penggunaan PIN agar disimpan dengan baik, hati-hati kerahasiaan PIN jangan sampai ada orang yang tahu. 

 

 


(Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats