Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 27 Februari 2018 16:42 WIB

Pelaut Indonesia Sumbang Devisa Rp130 Triliun

Jakarta, HanTer--Jumlah peluat di Indonesia mencapai 850.000 dan menempatkan Indonesia di urutan kedua sebagai  negara dengan jumlah pelaut terbanyak nomor dua dan memberikan sumbangan devisa Rp130 Triliun.
 
Ketua STIP Sahatua P Simatupang saat mengungkapkan jumlah kapal Indonesia yang tercatat saat ini lebih dari 11 ribuan unit kapal, sedangkan jumlah pelaut Indonesia mencapai 850.000 Pelaut dan 400.000 pelaut diantaranya bekerja di luar negeri.
 
"RI ada diurutan ke empat yang memiliki pelaut terbanyak di dunia. Saat ini pelaut dunia berjumlah 1,6 juta pelaut, dan seperempatnya adalah pelaut Indonesia," paparnya hari ini Selasa (27/8/2017).
Sahatua mengatakan hal itu saat membuka Seminar Dies Natalis ke-61 bertema "Rencana Strategis Pengembangan dan Inovasi Kinerja STIP dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Emas."
 
Dia menyebutkan dari sekitar 400 ribuan pelaut RI yang bekerja di luar negeri itu, Indonesia menerima devisa mencapai rata-rata Rp.130 trilun per tahun tahun.
 
Dalam rangkaian acara itu juga disampaikan apresiasi STIP kepada 9 perusahaan pelayaran yakni; MOL Lines, SPIL, Tanto Intim Line, Pelni, Pertamina, Anthony Feeder, Jasindo, dan Benline.
 
Juga diresmikan gedung sekretariat corps alumni akademi ilmu pelayaran (CCAIP) dan penyerahan Bus secara simbolis dari Bank Negara Indonesia (BNI) ke STIP.
 
Seminar juga diisi dengan pembahasan materi dari sejumlah nara sumber yang mengulas tentang pengembangan pola asuh taruna, program studi, diklat dan pemberdayaan masyarakat, pengembangan kurikulum,klinik utama serta pengembangan kapal latih.


(Alee)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats