Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 06 Februari 2018 13:02 WIB

Harga Ikan Bawal Putih Naik Jelang Imlek

Cilacap, HanTer - Harga ikan bawal putih di Cilacap, Jawa Tengah, melonjak tinggi menjelang Tahun Baru Imlek 2569, kata Ketua Kelompok Nelayan Pandanarang Tarmuji.

"Harga ikan bawal putih ukuran 6 ons ke atas mencapai kisaran Rp450.000 hingga Rp500.000 per kilogram, sebelumnya Rp350.000 per kilogram," katanya di Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Selasa.

Ia mengatakan lonjakan harga ikan bawal putih itu terjadi karena tingginya permintaan dari warga Tionghoa untuk keperluan sesaji menjelang Imlek.

Sementara itu, kata dia, ikan bawal putih di perairan selatan Jateng masih sulit ditangkap oleh nelayan.

Menurut dia, nelayan saat sekarang baru mampu mendapatkan ikan bawal putih berkisar 5--10 kilogram.

"Alhamdulillah kondisi perairan selatan Jateng sejak kemarin (5/2) terlihat kondusif sehingga nelayan mulai melaut setelah sempat istirahat lebih dari sepekan," katanya.

Selain bawal putih, kata Tarmuji, kenaikan harga juga terjadi pada ikan layur, yakni dari Rp30.000 per kilogram menjadi Rp40.000 per kilogram untuk ukuran 2 ons per ekor.

Kendati demikian, dia mengatakan kenaikan harga ikan layur bukan karena tingginya permintaan menjelang Imlek.

"Ikan layur banyak diminati oleh masyarakat. Saat sekarang, nelayan baru mampu menangkap ikan layur sebanyak 20--30 kilogram dalam sekali melaut," katanya.


(Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats