Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 23 Januari 2018 19:58 WIB

Kunjungi Korban LRT Kayu Putih

BPJS Ketenagakerjaan Beri Santunan dan Jaminan Pengobatan hingga Sembuh

Jakarta, HanTer – BPJS Ketenagakerjaan pastikan menanggung seluruh biaya pengobatan korban robohnya box grider pada proyek Light Rapid Transit (LRT) di Kayu Putih, Jakarta Timur pada Senin (22/1/2018).

Hal itu disampaikan Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan, Krishna Syarif saat mengunjungi korban LRT Kayu Putih di RS Columbia Asia Jakarta, Selasa (23/1/2018). Turut mendampingi, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Menara Jamsostek, Agoes Masrawi dan Deputi Direktur Bidang Kebijakan Operasional Program Endro Sucahyono.

“Tidak hanya pengobatan, tapi juga santunan dan memastikan korban dapat kembali bekerja melalui program Return to Work,” kata Krishna kepada wartawan dalam kesempatan itu.

Santunan yang dimaksud Krishna adalah manfaat program Santunan Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB). STMB ini merupakan pengganti upah bulanan bagi korban yang tidak dapat masuk bekerja akibat kecelakaan kerja tersebut. “Enam bulan pertama 100 persen, selanjutnya besaran santunan 70 persen,” jelas dia.

Ia menuturkan, kasus kecelakaan kerja seperti yang dialami lima orang tenaga kerja LRT itu tidak pernah diduga sebelumnya. Oleh karena itu, perlindungan bagi setiap pekerja sangat penting.

“BPJS Ketenagakerjaan hadir untuk memberikan perlindungan kepada pekerja, khususnya peserta. Ini harus dipahami setiap individu, setiap pemberi kerja. Untuk itu, kami imbau kembali kepada setiap pemberi kerja mendaftarkan empat program BPJS Ketenagakerjaan sesuai amanah UU. Apalagi, musibah tidak pernah kita duga,” ungkapnya.

Lebih lanjut Krishna mengungkapkan, dari lima orang korban robohnya grider LRT tersebut, tiga diantaranya sudah diperbolehkan pulang. Sedangkan, dua korban masih dalam perawatan yaitu, Akmad K dan Wahyudi. Kelima pekerja ini terdaftar sebagai peserta di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Menara Jamsostek Jakarta.

“Kami turut berduka dengan kejadian ini, ke lima korban dalam peristiwa ini adalah peserta kami dan kami jamin mereka tidak akan mengeluarkan biaya apapun atas kejadian kecelakaan kerja yang menimpanya, semua biaya pengobatan akan kami tanggung sampai sembuh,” imbuh dia. 


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats