Di Publish Pada Tanggal : Minggu, 07 Januari 2018 23:40 WIB

Kementan Tuding Ada Pihak Inginkan Keran Impor Dibuka

Jakarta, HanTer - Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) Sumarjo Gatot Irianto mengatakan pihaknya memastikan ada panen di setiap daerah pada Januari 2018. Karena itu, ia  menilai isu yang berkembang bahwa stok pangan kosong dan tidak ada panen adalah tidak benar.

"Panen ada di mana-mana, sehingga isu yang mengabarkan tidak ada panen, itu tidak benar. Di setiap daerah selalu ada yang panen dan siap menanam padi, sehingga diharapkan nantinya tidak ada kebijakan impor beras yang dapat merugikan petani," kata Gatot, seperti dilansir Antara, Minggu (7/1/2018).

Terkait tingginya harga beras di sejumlah daerah, ia menuding ada pihak-pihak yang sengaja "menggoreng" isu tersebut pada Desember 2017 hingga Januari 2018 yang bertujuan untuk mendorong pemerintah melakukan impor beras.

"Isu itu berkembang untuk membuat panik masyarakat, kemudian terjadi konsumsi beras yang berlebihan dan meningkatnya harga beras yang cukup tinggi dapat mempengaruhi laju inflasi, sehingga hal itu dapat menjadi dalih untuk melakukan impor beras," katanya.

Berdasarkan pada pengalaman sebelumnya, lanjut dia, beras impor datang pada saat musim panen raya, sehingga harga beras petani anjlok dan merugikan petani yang dapat mengancam swasembada pangan.

"Untuk itu harus diusahakan semaksimal mungkin stok pangan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga tidak ada alasan untuk melakukan impor beras di Indonesia," ujarnya, menambahkan.


(Arbi/Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats