Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 20 Desember 2017 13:32 WIB

Disiapkan 6 Juta Seat

Jelang Tahun Baru, Harga Tiket Pesawat Sudah Naik

Jakarta, HanTer - Pergantian tahun tinggal beberapa hari lagi. Untuk memudahkan masyarakat melakukan perjalanan pada libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2017, pemerintah melakukan berbagai langlah untuk mengatasi lonjakan penumpang.

“Jumlah pesawat yang kami siapkan ada 446 buah pesawat dengan sekitar 6 juta seat (kursi) bagi penumpang. Angka tersebut 20 persen melebihi angka pembelian tiket yang tercatat. Dalam 1 bulan terakhir sudah disiapkan dan sudah dilaksanakan rampcheck," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso saat melakukan peninjauan ke Bandara Soekarno Hatta, Selasa (19/12).

Agus mengungkapkan, Nataru kali ini diperkirakan akan ada kenaikan jumlah penumpang sebesar 5,2 persen. Untuk menghindari penumpukan penumpang di hari puncak kepadatan, Agus mengimbau agar masyarakat bisa memilih waktu keberangkatan yang tepat. Misalnya, berangkat sebelum tanggal sibuk.

Tarif Naik

Sementara itu, untuk harga tiket bus, kereta api, kapal laut dan pesawat cenderung mengalami kenaikan menjelang hari besar keagamaan serta mendekati tahun baru seperti saat ini.

Hal ini diakui oleh Humas Traveloka Busyra Oryza, menurutnya, persoalan kenaikan harga tiket saat akan Natal dan Tahun Baru (Nataru) tersebut sudah bisa dimaklumi, namun bisa disiasati dengan membeli tiket jauh hari sebelumnya.

"Sudah dimaklumi kalau saat mau Idul Fitri, atau Natal dan dekat tahun baru harga tiket pasti naik. Seperti misalnya tiket pesawat ingin beli untuk besok ya sudah mahal," ujar Busyra kepada Harian Terbit di Jakarta, Rabu (20/12/2017).

Namun Busyra menjelaskan kalau hendak bepergian, maka sebaiknya seminggu sebelumnya sudah harus memesan tiket. Atau jauh hari lagi, dua atau tiga minggu sebelumnya.

"Seperti misalnya jika melalui aplikasi Traveloka, kalau waktu pesan sudah mendekati kepergian umumnya harga tiket maskapai sudah naik. Tapi kami (Traveloka) ada fitur price award atau notifikasi harga, calon pemesan tiket bisa memantau perkembangan harga," bebernya.

Sementara itu, Lydia seorang staf di salah satu agen perjalanan baik kereta api, bus dan pesawat di Jakarta Pusat mengatakan harga tiket biasanya mendekati perayaan natal dan tahun baru pasti mengalami kenaikan.  "Pasti naik, sama seperti kalau mau puasa dan lebaran," ujar Lydia.

Saat ditanyakan berapa persen pastinya kenaikan harga tiket bus, kapal laut, kereta api dan pesawat? Lydia mengatakan bisa mencapai 10 sampai 20 persen, bahkan ada harga tiket yang bisa mencapai dua kali lipat.

"Kalau hari biasa seperti kalau ke Makassar harga tiket pesawat di bawah Rp 1 juta, jika mau lebaran atau natal dan tahun baru bisa naik sampai Rp 1 juta lebih. Tapi adakalanya tergantung maskapai, tapi kalau bisa jangan besok mau berangkat beli tiket baru sekarang ini. Iya kalau masih dapat, kalau ada, harga tiketnya pasti mahal, bisa dua kali lipat bahkan lebih. Sama seperti bus juga harga tiketnya bisa naik secara signifikan," paparnya.

Sedangkan tarif tiket Lampung-Yogyakarta untuk keberangkatan 22  Desember 2017  menjadi Rp 1.351.000 dan tanggal 23 Desember 2017 dinaikkan menjadi Rp 1.091.000 dari tarif normal Rp 600-900 ribuan.

Sementara harga tiket pesawat tujuan Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

"Harga tiket pesawat tujuan Manado melonjak tinggi jelang perayaan Natal. Meskipun mengalami kenaikan hingga 100%, tiket tersebut tetap dibeli konsumen," kata Manager Pesona Asmat Tours and Travel David Rambing di Manado, Kamis (8/12/2016).

Dia mengatakan, pergerakan harga tiket pesawat menjelang Natal dan dan Tahun Baru selalu mengalami kenaikan yang disebabkan permintaannya banyak.

"Setiap tahun memang harga tiket memang naik, itu kira-kira 50% sampai 100% jika kita membandingkan dengan hari biasa. Tapi sewaktu-waktu harga tiket bisa berubah," kata David. 


(Danial)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats