Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 28 November 2017 18:30 WIB

Dirjen PDT: Pengentasan Daerah Tertinggal On The Track

Jakarta, HanTer – Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Samsul Widodo optimistis target pengentasan daerah tertinggal yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Mengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 dapat tercapai.

“Dari sisi prospek sebenarnya on the track sampai sekarang. (RPJMN) targetkan 80 kabupaten/kota, saat ini sekitar 35 kabupaten yang potensi terentaskan,” kata Samsul kepada Forum Wartawan Desa (Forwades) di Malang, Jawa Timur, Senin (27/11/2017) malam.

Sikap optimis tersebut, tambah Samsul, lantaran saat ini sudah ada Program Dana Desa yang digulirkan sejak 2015 lalu. Dengan begitu, percepatan pengentasan daerah tertinggal dapat dilakukan.

Dalam program dana desa, Kemendes PDTT sendiri telah menetapkan empat program prioritas yang harus diimplementasikan oleh tiap-tiap desa. Diantaranya, Program Unggulan kawasan Pedesaan (Prukades), pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan sarana olahraga.

Melalui program-program tersebut, akan mendorong sinergitas antar lintas kementerian/lembaga dalam membantu pembangunan desa. Pada 2018 mendatang, Presiden Jokowi juga mendorong diprioritaskannya program padat karya melalui dana desa.

Lebih lanjut dikatakan, sebanyak 80 kabupaten/kota tertinggal yang tersebar di seluruh Indonesia sudah dilakukan pemetaan. Hasil pemetaan tersebut, tiap-tiap kabupaten memiliki kompleksitas masalah yang berbeda-beda, sehingga dibutuhkan penanganan spesifik. “Karena itu, kita mendorong pemda, pemprov, pemkab dan pusat untuk kontribusi,” katanya.

Dijelaskan, kriteria daerah tertinggal dilihat dari berbagai aspek. Dianteranya, terkait dengan perekonomian masyarakat, sarana prasarana (listrik infrastruktur jalan, pasar), dan sumber daya manusia (SDM ) seperti tingkat pendidikan dan kesehatan. “Ini diatur melalui Perpres No 1 tahun 2015,” ucapnya.


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats