Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 23 November 2017 18:08 WIB

BBM Satu Harga Harus Didukung Penuh BUMN Lainnya

Jakarta, HanTer - BBM satu harga diseluruh wilayah NKRI memang sudah sepatutnya diwujudkan. Namun kebijakan bbm satu harga harus berjalan dan terwujud untuk selamanya, jangan ketika tampuk pimpinan pemerintah berganti maka kebijakan ini akan sirna kembali.
 
“Negeri ini sudah merdeka 72 tahun, sudah sewajarnya Pemerintah mewujudkan keadilan bagi rakyat diseluruh tanah air dengan menyediakan bbm yang harganya sama dan satu harga dengan wilayah wilayah lain,” ujar Pengamat kebijakan energi, Sofyano Zakaria, di Jakarta, Kamis (23/11/2017).
 
Sofyano menambahkan, untuk mempertahankan satu harga bbm pada seluruh wilayah NKRI harus didukung dengan pembangunan infrastruktur dan sarfas yang tersebar di wilayah 3T.
 
“Tanpa didukung ketersediaan sarfas dan infrastruktur berupa jalan,jembatan, dermaga dan sejenisnya di wilayah 3T maka beban biaya pengadaan bbm bisa memberatkan keuangan Pemerintah atau juga Pertamina yang saat ini ditugaskan mewujudkan program itu,” ujar Sofyano yang yang juga direktur Pusat Studi Kebijakan Publik, Puskepi.
 
Ia memberi contoh misalnya di Papua, seharusnya dana otsus untuk Papua sebagian dimanfaatkan untuk membangun jalan dan jembatan untuk memperlancar distribusi BBM.
 
Dengan tersedianya infrastruktur, sarana dan fasilitas maka BBM satu harga bisa diwujudkan selamanya, tidak bergantung kepada pemerintah yang sedang berkuasa saja.
 
''Untuk mewujudkan BBM satu harga di wilayah terpencil, pemerintah sudah seharusnya pula menugaskan BUMN-BUMN lain untuk mendukung Pertamina,'' ujarnya.
 
BUMN seperti Pelni, Djakarta Lloyd dan peserta program tol laut harus ditugaskan mendukung Pertamina sehingga beban biaya distribusi BBM ke wilayah 3T tidak menjadi beban tunggal Pertamina.


(Danial)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats