Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 01 November 2017 06:13 WIB

Wirausaha Muda Prestasi, Ajang Menjawab Tantangan Masa Depan

Jakarta, HanTer - Data demografi Indonesia tahun 2009, menunjukkan jumlah pemuda Indonesia mencapai 24% dari jumlah penduduknya. Antara tahun 2020 – 2035 Indonesia akan menikmati suatu era langka yang disebut bonus demografi. Pada saat itu, jumlah usia produktif diperkirakan berada pada grafik tertinggi sepanjang sejarah, mencapai 64% dari total jumlah penduduk Indonesia.  
 
“Tetapi jumlah besar tersebut tak berarti apa-apa bila tidak ditunjang  pemuda yang kreatif. Memiliki pemikiran yang mendalam serta punya gagasan untuk memakmurkan dan menyejahterakan bangsanya,” kata Wisler Manalu, saat memberi arahan pada acara Pemilihan Wirausaha Muda Pemula Berprestasi dan Penggerak Wirausaha Muda Berprestasi Tahun 2017, seperti keterangan diterima Harian Terbit, Selasa (31/10/2017). 
 
Selanjutnya, Asisten Deputi Kemitraan dan Penghargaan Pemuda, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga RI ini, mengatakan, pengembangan kewirausahaan pemuda adalah salah satu upaya Pemerintah membangun kepemudaan. 
 
“Ajang ini bukan hanya mencari siapa menjadi juara, tetapi bagian dari menjalankan amanat Undang-Undang No. 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan. Bertujuan mengembangkan jiwa kewirausahaan di kalangan pemuda, sekaligus menjawab tantangan di masa depan khususnya menyambut MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN),” kata Wisler.
 
Pelaksanaan acara Pemilihan Wirausaha Muda Pemula Berprestasi dan Penggerak Wirausaha Muda Berprestasi Tahun 2017 ini sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-89 dengan tema acara “Pemuda Indonesia Berani Bersatu.” 
 
Diikuti 50 orang wirausahawan, yang dibagi ke dalam empat kategori Wirausaha Muda Berprestasi, dan satu kategori Penggerak Wirausaha Muda Berprestasi, masing-masing kategori terdiri dari 10 orang peserta lomba.
 
Terpilih sebagai Pemenang Lomba Penggerak Wirausaha Muda Berprestasi, I Made Artana dari Provinsi Bali (I), Sahabuddin, dari NTB (II) dan Bachtiar Baso dari Sulse (III).
 
Untuk Pemenang Lomba Wirausaha Muda Pemula Berprestasi, Bidang Usaha Pertanian dan Kelautan, Aang Permana dari Jabar (I).  Bidang Usaha Industri Pangan dan Jasa Boga, Nur Pajriyah Ulfa, dari Provinsi Jawa Barat (I). 
 
Bidang Usaha Perdagangan dan Jasa, Scholastica Wahyu Pribadi dari Provinsi DI Yogyakarta (I).  Bidang Usaha Industri Pangan dan Jasa Boga, Dewi Arum Muqaddimah dari Jatim (I). 
 
“Dengan demikian dapat menyerap tenaga kerja. Tercipta lapangan kerja baru. Berimbas pada pertumbuhan ekonomi secara Nasional dan menjadi kebanggaan pemuda Indonesia dalam percaturan bisnis global,” tambahnya. 
 


(Romi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats