Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 20 September 2017 21:31 WIB

Perubahan Ekonomi Digital Dorong Kemajuan

Jakarta, HanTer - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kemajuan global melalui ekonomi digital telah mendorong perubahan gaya hidup dan pola ekonomi sebuah negara.

"Pertama, kita sudah amat memahami e-commerce. Ada pergeseran perniagaan, perdagangan dari dunia offline menuju online. Kita sudah hadapi itu," kata Presiden Jokowi dalam sambutan pembukaan Indonesia Business and Development Expo (IBD Expo) di Jakarta, Rabu (20/9/2017).

Menurut Jokowi, perkembangan e-commerce membuat pembelian atau pemesanan suatu barang atau jasa begitu instan dan mudah. “Saya kalau di istana kepingin nasi padang, tinggal klik, nasi padangnya datang. Itulah pergeseran perniagaan, pergeseran perdagangan dari offline ke online," ujar Presiden.

Selain itu, penggunaan teknologi digital melalui media sosial cenderung mengakibatkan pergeseran dari pola konsumtif menjadi promosi pengalaman individu. Hal itu, ujar Presiden, tercermin saat warga menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter untuk membagikan pengalamannya melalui sebaran ide, foto maupun video.

"Rasanya sekarang orang atau kita tidak lagi mengejar barang bermerk, tidak lagi ke barang branded. Anak muda sudah ngomong, wah kuno yang seperti itu. Tapi sekarang yang diincar orang adalah kenang-kenangan, memories, pengalaman-pengalaman. Itu yang dikeluarkan," jelas Jokowi, seperti dilansir Antara.

Penggunaan teknologi juga mendorong keuntungan ekonomi dengan sistem berbagi yang dipromosikan melalui aplikasi internet yang menjual jasa transportasi, tempat tinggal hingga "ruang kerja instan".

"Sekarang pakai aplikasi bisa sewa satu meja. Kalau kurang, pesan dua meja, kurang lagi, pesan lagi tiga meja. Ini seperti co-working space memakai We Work. Di Jakarta sudah ada, di Bandung juga sudah ada dan di kota-kota besar mulai ada," kata Jokowi.

Kepala Negara mengingatkan penggunaan aplikasi telepon pintar dan internet akan berdampak tidak hanya dari sisi promosi dan konsumsi, tetapi juga sektor produksi. "Produsen harus hati-hati mencermati, teliti melihat pola pergeseran ini menuju kemana. Akan punya dampak yang dahsyat pada sisi produksi," tambah Presiden. 

 


(Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats