Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 19 September 2017 15:22 WIB

Jasa Marga Jamin Tidak Ada PHK Massal Terkait Transaksi Nontunai

Bekasi, HanTer - Jasa Marga menjamin tidak akan ada pemutusan hubungan kerja (PHK) massal terhadap para pekerja terkait program transaksi nontunai yang diberlakukan bertahap sejak 17 September 2017.

"Tidak ada PHK massal. Petugas kolektor transaksi tol tetap kita berdayakan untuk pekerjaan lain," kata Humas Pusat PT Jasa Marga, Dwimawan Heru di Bekasi, Selasa (19/9/2017).

Ia mengatakan bahwa perusahaannya hingga kini telah mempekerjakan total 742 petugas kolektor yang ditempatkan di 88 gardu transaksi sepanjang lintasan Tol Jakarta-Cikampek.

Ratusan petugas kolektor itu tidak otomoatis diputus hubungan kerja akibat imbas penggunaan mesin nontunai transaksi jalan tol, namun akan diberdayakan untuk keperluan pelayanan lainnya.

"Standar kami dalam tiga lajur kendaraan harus ada penempatan petugas pengawas. Ada beberapa fungsi kerja yang mereka lakukan, salah satunya penggolongan kendaraan, di mana petugas harus menekan tombol untuk mendeteksi setiap kendaraan yang melintas di gerbang tol," katanya.

Dia menyatakan pihaknya juga memerlukan tenaga petugas untuk mengganti wallpaper gardu dan mesin yang di sana juga terdapat tombol bantuan bagi pengendara yang memerlukan pertolongan petugas lapangan dalam kondisi darurat.

Ratusan petugas itu juga akan menjalani seleksi peningkatan kompetensi untuk pemberdayaan tenaga mereka menyusul adanya perluasan jaringan jalan tol hingga 2019.

"Proyeksi kami pada 2019 akan ada penambahan 900 kilometer jalan tol baru. Kita harus siapkan uji kompetensi bagi mereka untuk penempatan di lapangan," katanya.


(Oni)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats