Di Publish Pada Tanggal : Minggu, 17 September 2017 06:58 WIB

Skytrain Bandara Soekarno-Hatta Hari Ini Resmi Beroperasi

Jakarta, HanTer - Skytrain atau layanan kereta antar terminal Bandara Soekarno-Hatta resmi beroperasi mulai hari ini, Minggu (17/9/2017). Peresmian skytrain tersebut akan dilakukan di shelter skytrain Terminal 3 Bandara yang rencananya akan dihadiri oleh Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
 
Meski nantinya resmi beroperasi, skytrain bandara tidak langsung melayani keseluruhan terminal yang ada di Bandara Soekarno-Hatta, namun hanya rute yang menghubungkan antara Terminal 2 dan Terminal 3 saja.
 
Akan tetapi, pasca pengoperasian tahap pertama, skytrain di Bandara Soekarno-Hatta ke depannya juga akan melayani perpindahan ke Terminal 1, integrated building, lalu tersambung lagi ke Terminal 3.
 
Dalam pengoperasian tahap pertamanya, skytrain bandara akan beroperasi pada waktu-waktu tertentu saja, tepatnya pada pukul 07.00-10.00 WIB, kemudian dari pukul 13.00-14.00 WIB, serta dari pukul 17.00-19.00 WIB. Kebijakan waktu operasi yang belum 24 jam itu dilakukan untuk mengevaluasi fasilitas serta mencatat jika masih ada kekurangan yang harus dilengkapi.
 
"Ini akan kami terapkan sampai akhir tahun, baru nantinya bisa beroperasi secara penuh," kata Public Relation Manager PT Angkasa Pura II Yado Yarismano, seperti dikutip dari Kompas.com.
 
Peresmian skytrain ini dinilai sesuai jadwal setelah Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub melakukan verifikasi dan menerbitkan sertifikat tanda lulus uji coba.
 
Kereta canggih berbasis teknologi Automated Power Mover System (APMS) ini memiliki kapasitas 170 penumpang dalam satu rangkaian kereta yang terdiri dari dua gerbong.
 
"Untuk kapasitas ada 170 dengan ketersedian 10 kursi yang diprioritaskan untuk para lanjut usia (lansia) dan juga ibu hamil," ujar Publik Relation Manager PT Angkasa Pura II, Yado Yarismano.


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats