Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 13 September 2017 23:16 WIB

Go Internasional, IKM Lokal Diimbau Jaga Kualitas Produk

Jakarta, HanTer - Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih, mengimbau para pelaku IKM untuk menjaga kualitas produk mereka ketika berjualan di pasar digital.

"Beli barang online bagus di mata, tapi, kualitas tidak terlihat. Kalau sudah menjadi pemain di e-commerce, harus menjaga kepercayaan pasar. Berikan kualitas yang terbaik ke pasar," kata Gati, sepertii dilansir Antara, Rabu (13/9/2017).

Menurut Gati, masih banyak produk asing yang beredar di pasar digital Tanah Air, terutama dari China yang sulit disaingi bila dilihat dari segi harga. "Kemenperin mempersiapkan IKM agar tidak ketinggalan zaman dan pasar tidak diambil produk impor," kata dia.

Gati juga mengingatkan karakteristik berbelanja di pasar online berbeda dibandingkan dengan membeli langsung ke toko, pembeli tidak dapat langsung menilai kualitas barang. Menurut dia, salah satu cara menjaga kepercayaan konsumen adalah kesesuaian produk yang dikirim dengan apa yang ada di gambar beserta deskripsi barang.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto mengatakan, modal merupakan salah satu faktor penting bagi IKM dalam mengembangkan usaha, namun mayoritas IKM kesulitan mengakses sumber-sumber pembiayaan karena beberapa alasan, seperti tidak memenuhi persyaratan perbankan (bankable) meskipun jenis usahanya secara prospek memiliki usaha yang layak untuk diberikan akses perbankan (feasible).

Pemerintah pun telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan akses pembiayaan terhadap IKM, antara lain melalui Lembaga Pengelola Dana bergulir (LPDB), Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), serta Pemodalan Nasional Madani (PNM).

Salah satu program prioritas pemerintah dalam mendukung pemberian pembiayaan kepada sektor IKM dan diarahkan pada sektor usaha produktif lainnya seperti pertanian, perikanan dan kelautan, kehutanan, dan jasa keuangan simpan pinjam adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR).  

 


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats