Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 07 September 2017 20:45 WIB

Rizal Ramli Inginkan Jabar Kembali jadi Lumbung Pangan Terbesar

Jakarta, Hanter - Mantan Kepala Bulog Rizal Ramli mengatakan, peranan Jawa Barat sebagai lumbung pangan terbesar di masa lalu belakangan mulai merosot. Kemerosotan ini karena banyak lahan-lahan yang di konversikan menjadi bangunan perumahan atau perkotaan.

“Kalau ini terus berlanjut lama-lama Jabar tidak akan lagi menjadi lumbung pangan di Indonesia," kata mantan Menko Maritim ini saat menjadi pembicara pada Diskusi Nasional dalam rangka memeriahkan Dies Natalis Universitas Pasundan ke 57 dan Milangkala Paguyuban Pasundan ke-104, Ikatan Alumni (IKA) Unpas.

Pada acara yang bertema, "Potensi dan Tantangan Jabar untuk Indonesia,” ini, Rizal Ramli menyatakan, Jabar perlu dibenahi dan dibuat tata kota yang benar-benar bagus untuk 20 tahun kedepan guna mengatasi kemerosotan Jabar sebagai gudang pangan.

Menurutnya, pemimpin Jabar harus bisa menentukan mana daerah untuk konservasi, mana daerah untuk sumber air, mana daerah untuk industri, dan mana daerah yang tetap daerah pertanian. “Kalau ini dilakukan saya yakin Jabar kembali menjadi lumbung pangan,” papar Rizal Ramli.

Orang Pintar

Pada kesempatan itu, mantan Menko Perekonomian ini berharap Gubernur Jabar yang baru nanti mampu merangkul semua orang pintar yang ada di Jawa Barat untuk membangun daerahnya.

“Potensi Jabar sangat besar untuk membawa kemajuan. Apalagi, jika pemerintah daerah mau melibatkan orang-orang pintar untuk memberikan sumbangsih pemikiran demi kemajuan Jabar,” ujarnya. 

 


(Danial)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats