Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 25 Agustus 2017 19:52 WIB

Pemerintah Klam Harga Pangan Stabil Jelang Idul Adha

Jakarta, HanTer – Menteri Pedagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita memastikan harga pangan jelang hari raya Idul Adha tidak mengalami lonjakan dan masih terkendali. Kecenderungannya, bahkan sejumlah komoditas mengalami penurunan harga.

“Sampai hari ini ada beberapa harga komoditas yang turun. Jadi bawang merah turun, bawang putih anjlok, cabai turun," kata Mendag, seperti dilansir Juamt (25/8/2017).

Oleh karena itu, kata Mendag, pemerintah tak melakukan persiapan khusus menjelang Idul Adha. Sebab, ia yakin suplai pangan yang ada saat ini dalam kondisi yang sangat aman.

Terlebih, lanjutnya, untuk komoditas beras yang telah ditetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET). Kebijakan ini pun, telah disepakati para pelaku usaha."Beras hari ini ditetapkan HET, mungkin akan ada penurunan," tutur dia.

Aman, seaman-amannya umat. Kami lihat, kalau beras pertama kali aman, ya aman. Pasar Induk Beras Cipinang sebagai indikator menghitung paling banyak. Saat ini 45 ribu ton (beras), di awal 30 ribu ton. Sudah 50 persen di atas batas aman. Kalau Cipinang aman, seluruh Indonesia akan aman,” ujar Enggar.

Sementara itu, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menjamin Indonesia tidak akan mengimpor beras hingga April 2018. Amran mengklaim pasokan beras di Tanah Air masih aman sampai delapan bulan ke depan.

Amran menyebut pemerintah juga masih memiliki serapan beras 8.000-9.000 ton per hari. Artinya, kata dia, pasokan beras masih aman sekaligus untuk menutupi kebutuhan buat rastra sebesar 200 ton hingga Desember 2017.  

 


(Abe)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats