Di Publish Pada Tanggal : Senin, 07 Agustus 2017 22:25 WIB

Gandeng BNI, BPJS Ketenagakerjaan Beri Kemudahan TKI

Jakarta, HanTer – BPJS Ketenagakerjaan menjalin kerja sama dengan PT Bank Nasional Indonesia (BNI) untuk mempermudah para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dalam pembayaran iuran kepesertaan.

Upaya ini dilakukan mengingat BPJS Ketenagakerjaan secara resmi telah ditunjuk untuk menjalankan perlindungan atas jaminan sosial bagi TKI yang berlaku sejak 1 Agustus 2017.

Kerja sama itu sendiri tertuang dalam Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh Direktur Perluasan Kepesertaan dan Hubungan Antarlembaga BPJS Ketenagakerjaan, E Ilyas Lubis, dengan Direktur Hubungan Kelembagaan dan Transaksional BNI, Adi Sulistyowati, di Jakarta, Senin (7/8/2017).

"Kerjasama dengan Bank BNI untuk mempermudah para TKI melakukan pembayaran iuran melalui Kartu Pekerja Indonesia (KPI) yang juga merupakan hasil kerjasama antara Bank BNI dengan BNP2TKI," kata Ilyas dalam kesempatan itu.

"Fasilitas ini diharapkan dapat mempermudah pembayaran iuran, khususnya bagi TKI yang terdaftar dalam program JHT, dimana iurannya dibayarkan setiap bulan selama masa kepesertaan berlangsung," jelas Ilyas.

Dia menjelaskan, perlindungan atas program Jaminan Kematian (JKm) dan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) merupakan program wajib yang harus dimiliki para TKI. Sementara program Jaminan Hari Tua (JHT) merupakan program yang dipilih secara sukarela untuk menjadi bekal tabungan hari tua para TKI yang terkumpul dari iuran semasa mereka bekerja.

Melalui program-program ini, perlindungan TKI sudah dimulai sejak yang bersangkutan mulai memasuki masa persiapan kerja sebelum dikirim ke negara penempatan sampai dengan kembali ke tanah air.

"Fasilitas ini diharapkan dapat mempermudah pembayaran iuran, khususnya bagi TKI yang terdaftar dalam program JHT, dimana iurannya dibayarkan setiap bulan selama masa kepesertaan berlangsung," jelas Ilyas.

Ditempat yang sama, Direktur Hubungan Kelembagaan dan Transaksional Perbankan BNI Adi Sulistyowati mengatakan, kartu pekerja Indonesia yang diterbikan oleh BNI merupakan kartu debit yang bisa digunakan, baik di dalam maupun luar negeri.

"Hal yang paling diinginkan tenaga kerja yang ada di luar negeri adalah bisa lebih cepat mengirimkan uang kepada keluarga," ujarnya.

Kemudahan lainnya, sambung dia, para TKI juga bisa mengakses layanan transaksi online BNI melalui handphone, sehingga semakin dimudahkan untuk mengirim uang ke Indonesia karena tak perlu repot antre di agen-agen pengiriman uang.

"Yang paling diinginkan kemudahan tenaga kerja ini yaitu bertransaksi keluar, remitansi. Biasanya harus ke outlet, (sekarang) cukup mobile saja. Jadi TKI perlu lagi datang ke agen-agen di sana, tapi dengan mobile phone-nya," tuturnya. 

 


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats