Di Publish Pada Tanggal : Senin, 07 Agustus 2017 13:30 WIB

Surat Terbuka BEM UI Untuk Presiden: Tarif Listrik Resahkan Masyarakat

Jakarta, HanTer - Badan Ekesekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) dan   BEM Fakultas Teknik (FT) UI menyampaikan surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo untuk menagih tindakan nyata Pemerintah dalam menjawab permasalahan listrik yang meresahkan masyarakat, terutama akibat pencabutan subsidi yang dilakukan akhir-akhir ini.  

"Kami tidak ingin secara sempit mengaitkan permasalahan listrik dengan kenaikan tarif saja, tetapi lebih jauh lagi kami ingin Pemerintah berusaha mencari solusi yang lebih tepat terkait dengan permasalahan pengelolaan energi di Indonesia, daripada menaikkan tarif listrik sebagai solusi andalan,” kata Muhammad Syaeful Mujab, Ketua BEM UI 2017 dalam surat terbuka kepada Presiden yang diterima Harian Terbit, Minggu (6/7/2017).

Berikut ini pernyataan sikap BEM UI terkait permasalahan listrik yang meresahkan masyarakat:

1. Menuntut Presiden untuk melakukan sinergisasi kementerian-kementerian terkait dalam melakukan pembangunan pembangkit listrik dan optimalisasi energi baru terbarukan untuk menjawab permasalahan pasokan energi nusantara.

2. Menuntut Presiden untuk melakukan optimalisasi dan kerjasama penyediaan listrik dengan berbagai pihak sebagai upaya menghadirkan ketersediaan energi listrik yang lebih memadai dan murah.

3. Menuntut Presiden untuk segera menghasilkan solusi yang tepat untuk dapat menekan jumlah BPP (biaya pokok produksi) dengan melakukan efisiensi terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi BPP agar TDL (tarif dasar listrik) dapat menjadi lebih rendah pula.

Pihak BEM UI berharap, tuntutan  dalam surat terbuka ini tidak hanya ditujukan untuk Presiden RI, tetapi juga harus menjadi perhatian bagi stakeholder terkait seperti Komisi VII DPR RI, Kementerian ESDM, Kementerian BUMN, Kementerian Perindustrian, Kementerian Keuangan, dan PLN.

Melalui surat terbuka ini, BEM UI  ingin menyerukan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk terus melakukan pengawasan terhadap pemerintah dan menagih komitmen Presiden dalam Nawacitanya terkait dengan kedaulatan energi.


(Harian Terbit/Danial)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats