Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 07 Juli 2017 20:17 WIB

Satgas Dana Desa Kurang Mendapat Perhatian Publik

Jakarta, HanTer – Direktur Eksekutif Assosiasi Pemerintah Desa seluruh Indonesia (APDESI), Iwan Sulaiman Soelasno menilai keberadaan Satuan Tugas (Satgas) Dana Desa kurang mendapat perhatian publik.

Sebabnya, kata Iwan, publik masih teringat dengan peristiwa Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Pejabat eselon satu di lingkungan Kementerian Desa dan PDT terkait pemberian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam laporan keuangan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Menteri Desa dan PDT beserta jajaranya seharusnya membuktikan terlebih dahulu bahwa Kemendes PDT yang dipimpinnya benar-benar bersih dan terbebas dari korupsi sehingga akan berdampak baik terhadap dukungan publik untuk Satgas Dana Desa,” kata Iwan dalam keterangannya, Jumat (7/7/2017).

Seperti diketahui, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo beberapa hari lalu melantik mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bibit Samad Rianto, sebagai Ketua Satuan Tugas (Satgas) Dana Desa.

Menurut Iwan, sejatinya Satgas Dana Desa fokus pada aparatur Pemerintah Desa sebagai pengguna anggaran. Aparatur Pemerintah Desa menjadi ruang lingkup kerja Kementerian Dalam Negeri.

“Maka, seharusnya Satgas Dana Desa dibentuk bersama Kementerian Desa dan PDT dengan Kementerian Dalam Negeri. APDESI menyayangkan masih adanya ego sektoral di Kemendes PDT,” tandasnya.

Meskipun demikian, lanjut Iwan, APDESI mendukung Satgas Dana Desa terutama yang terkait dengan pencegahan dan pengawasan dana desa. APDESI tentu saja akan berinisiasi menjalin komunikasi dan kerjasama dengan Satgas Dana Desa.

 

 


(Akbar)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats