Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 05 Juli 2017 19:01 WIB

Stabilitas Harga Pangan Diklaim Dongkrak Kepercayaan Investor

Jakarta, HanTer - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menyatakan kestabilan harga pangan selama puasa dan Lebaran 2017 menumbuhkan kepercayaan investor, terlihat pada penguatan indeks harga saham gabungan Bursa Efek Indonesia (BEI) pada sesi awal perdagangan setelah libur Lebaran.

Ketua KPPU Syarkawi Rauf dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, mengapresiasi kerja Tim Satgas Pangan Polri, Tim Kementan dan Kemendag karena harga jual dan pasokan komoditas pangan pada puasa dan lebaran tahun ini paling stabil sepanjang sepuluh tahun terakhir.

"Pengawasan Tim Satgas pangan Polri, Tim kemendag dan Kementan membuat pasokan pangan stabil, dan berdampak pada harga yang stabil bahkan cenderung turun," kata Syarkawi.

Stabilnya harga pangan membuat penyumbang utama inflasi pada Juni 2017 sekitar 0,69 persen berupa angkutan udara, bukan bahan pangan.

Angka inflasi itu juga lebih rendah dibanding rata-rata inflasi periode puasa dan lebaran tiga tahun terakhir sebesar 0,85 persen (mtm).

Terdapat empat komoditas pangan yang menjadi sorotan utama KPPU dan Tim Satgas Pangan Polri, yakni daging sapi, gula, minyak goreng serta bawang putih.


(Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats