Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 05 Juli 2017 23:34 WIB

KAI Batalkan Kenaikan Tarif KA Bersubsidi

Jakarta, HanTer - PT Kereta Api Indonesia (Persero) membatalkan kebijakan penyesuaian tarif kereta api ekonomi bersubsidi yang sedianya diberlakukan mulai keberangkatan 7 Juli 2017. 

"Pembatalan kenaikan tarif KA ekonomi bersubsidi diberlakukan mulai 24 Juni 2017 untuk keberangkatan mulai 7 Juli itu sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan moda transportasi massal yang ekonomis," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko, seperti dilansir Antara, Rabu (5/7/2017).

Dengan pembatalan tersebut, kata dia, tarif seluruh KA bersubsidi mulai 6 Juli 2017 kembali ke tarif lama sesuai dengan Peraturan Menteri Pehubungan Nomor PM 35 Tahun 2016 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Pelayanan Kelas Ekonomi untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik (PSO).

"Pada prinsipnya, kami dari PT KAI (Persero) siap melaksanakan amanah atau penugasan yang diberikan oleh pemerintah guna kepentingan masyarakat," katanya.

"Bagi masyarakat yang telah melakukan transaksi pembelian tiket KA-KA tersebut (KA bersubsidi) tanggal 24 Juni hingga 4 Juli 2017 di berbagai kanal resmi penjualan tiket KA, selisih biaya dapat diambil di stasiun-stasiun tujuan dengan menunjukkan boarding pass di loket stasiun," kata Ixfan.

Sementara bagi calon penumpang yang telah melakukan transaksi pembatalan tiket yang telah dibeli pada tanggal 24 Juni hingga 4 Juli 2017, kata dia, dapat mengambil selisih bea antara tarif lama dan tarif baru di stasiun pengembalian bea (refund) seperti Gambir, Pasarsenen, Kiaracondong, Lempuyangan, dan stasiun-stasiun lainnya dengan menunjukkan bukti pembatalan. "Kami ingatkan, syarat dan ketentuan berlaku dalam pengembalian selisih bea tersebut," katanya. 


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats