Di Publish Pada Tanggal : Sabtu, 24 Juni 2017 23:26 WIB

H-1, Pelabuhan Merak Tampak Lengang

Merak, HanTer - Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, pada H-1 atau Sabtu tampak lengang dari lonjakan pemudik pejalan kaki dan pengguna kendaraan bermotor yang hendak menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Pantauan, Sabtu, suasana Pelabuhan Merak sejak siang hingga malam terlihat lengang dan sepi dibandingkan dua hari sebelumnya.

Arus lalu lintas berjalan lancar dan kendaraan yang masuk dermaga langsung naik ke atas kapal Ro-Ro yang bersandar di Pelabuhan Merak. Bahkan, kendaraan pribadi yang ada di lima dermaga antara 5-10 unit.

Semua kendaraan bisa diseberangkan ke Pulau Sumatera tanpa antrean panjang. "Saya kira lengangnya penumpang dan kendaraan itu karena H-3 dan H-2 puncak arus mudik lebaran mencapai ratusan ribu penumpang diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung," kata Yanto, seorang petugas pengatur lalu lintas di Pelabuhan Merak.

Ia mengatakan saat ini penumpang Pelabuhan Merak kembali normal dan tidak terlihat lonjakan kendaraan maupun penumpukan penumpang pejalan kaki. Bahkan, kondisi di enam dermaga tampak lengang.

Begitu pula pemudik pejalan kaki hanya beberapa orang saja yang membeli tiket penyeberangan.

Berdasarkan data, total penumpang yang sudah diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung sejak H-10 hingga hari ini sebanyak 807.114 orang terdiri dari 133.011 penumpang pejalan kaki dan 674.103 penumpang di dalam kendaraan.

Kendaraan roda dua sebanyak 70.395 unit, roda empat atau pribadi sebanyak 79.534 unit, bus 4.214 unit, dan truk 14.702 unit. Total seluruh kendaraan yang sudah berada di Pulau Sumatera sebanyak 168.845 unit. 

"Semua penumpang pejalan kaki maupun penumpang di atas kendaraan bisa diseberangkan berjalan lancar dengan selamat sampai tujuan," katanya.


(Ant/Abe)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats