Di Publish Pada Tanggal : Minggu, 07 Mei 2017 12:22 WIB

Tingkatkan Keselamatan, Keamanan dan Kenyamanan

Dirjen Perhubungan Udara: Ram Check untuk Angkutan Lebaran 2017

Solo, HanTer - Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso didampingi oleh Direktur DKUPPU Ditjen Perhubungan Udara Muzaffar Ismail, Sabtu kemarin (6/5/2017) melakukan ramp check di Bandara Adi Soemarmo Solo. Ramp check dilakukan untuk memastikan pesawat-pesawat yang dipakai maskapai penerbangan yang disiapkan untuk melayani penumpang Angkutan Lebaran 2017 dalam keadaan laik terbang dan memenuhi standar keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan.

Hingga sore, Ramp check dilakukan terhadap 11 (sebelas) pesawat meliputi : Garuda Indonesia (2), Lion Air (5), Citilink (2), NAM Air (1) & Air Asia Malaysia (1).

Agus Santoso sebagai Dirjen Perhubungan Udara mempunyai kapasitas sebagai inspektur sehingga memiliki kewenangan melakukan pemeriksaan teknis sehingga pesawat asingpun tak luput dari ramp check pemeriksaan teknis oleh Dirjen Agus, karena menurut aturan seluruh pesawat asing jika masuk teritori Indonesia harus tunduk pada regulasi penerbangan Indonesia dimana pesawat tersebut beroperasi saat itu. Hasil pemeriksaan yang dilakukan secara umum tidak ditemukan permasalahan yg signifikan yang terkait dengan keselamatan.

Sebelumnya, jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Udara melalui para inspektur Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) dan Inspektur Kantor Otoritas Bandara juga telah melakukan ramp check di seluruh Bandar Udara di Indonesia. Target pesawat terbang yang akan dilakukan pemeriksaan berjumlah 532 pesawat sesuai jumlah yang disediakan untuk angkutan lebaran. Hingga saat ini jumlah pesawat terbang yang telah diperiksa pada kurun waktu 14 s/d 6 Mei  2017 sebanyak 217 pesawat.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso juga memberikan instruksi khusus kepada Kantor Otoritas Bandar Udara, Penyelenggara Bandar Udara, Penyelenggara Navigasi Penerbangan dan Badan Usaha Angkutan Udara agar dalam kegiatan Angkutan Lebaran tetap tingkatkan program 3S + 1C (Safety, Security, Service  through Compliance) dengan sebaik-baiknya. Instruksi khusus tersebut untuk memastikan pemenuhan persyaratan terhadap keselamatan, keamanan dan kenyamanan angkutan udara Lebaran 2017.


(Akbar)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats