Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 28 April 2017 21:37 WIB

UMKM Lesu, Kredit Macet Perikanan Melonjak

Jakarta, HanTer - Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) menyoroti kenaikan persentase kredit macet dalam sektor perikanan dan berharap agar pemerintah dapat melakukan langkah kebijakan guna menurunkan tingkat kredit macet tersebut.

"Persentase kredit macet pada UMKM sektor perikanan menunjukkan kenaikan, yakni dari 3,77 persen di tahun 2014 menjadi 4,05 persen tahun 2015, dan naik lagi hingga menjadi 4,40 persen di tahun 2016," kata Wakil Sekretaris Jenderal KNTI Niko Amrullah, Jumat (28/4/2017).

Menurut Niko Amrullah, kondisi tersebut antara lain menunjukkan kelesuan kinerja UMKM sektor perikanan. Untuk itu, ujar dia, yang dibutuhkan adalah peningkatan kapasitas DM dan pasar yang berkeadilan bagi nelayan, khususnya nelayan kecil.

"Ada tiga aspek yang perlu menjadi perhatian pemerintah dalam membangun dan memberdayakan masyarakat pesisir, khususnya nelayan," katanya.

Ketiga hal tersebut adalah mengedepankan pemenuhan pendidikan dan kesehatan bagi masyarakat pesisir, menguatkan ekonomi lokal, serta menghormati bahkan menguatkan budaya dan kearifan lokal sebagai bentuk pembangunan partisipatif.


(Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats