Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 04 April 2017 11:06 WIB

Angkutan Lebaran 2017: 523 Pesawat Siap Angkut Pemudik

Jakarta, HanTer-- Lebaran 2017 masih beberapa bulan lagi (25-26 Juni). Namun berbagai persiapan sudah dilakukan, terutama sarana transportasi untuk para pemudik. Untuk angkutan udara telah disiapkan sebanyak 523 pesawat terbang.  

"Kami telah menyiapkan 523 unit pesawat terbang yang beroperasi di 35 bandara dan tujuh bandara internasional yang siap melayani saudara-daudara kita mengunjungi kampung halaman," kata Direktur Jenderal Perubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso, dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (3/4/2017).

Ke-523 pesawat terbang itu tergabung dalam 14 maskapai penerbangan. "Mulai minggu kedua ini, kami mulai melakukan ramp check (pemeriksaan lapangan) untuk mengetahui kesiapan pesawat," katanya.

Ditjen Perhubungan Udara Kemenhubmenetapkan masa Angkutan Lebaran 2017 untuk angkutan udara, yaitu selama 26 hari dari 15 Mei hingga 10 Juni 2017.

Diperkirakan,  puncak arus mudik dan balik angkutan udara pada 22 Mei hingga 2 Juni 2017. Sementara peningkatan jumlah pemakai jasa penerbangan dalam negeri akan mengalami kenaikan 10 persen, dan 8 persen pada penerbangan internasional.  "Kita akan melakukan penerbangan tambahan khusus," kata Agus.

Ratas Idul Fitri

Terpisah, Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Yusuf Kalla memimpin rapat terbatas membahas persiapan menghadapi Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Ratas Persiapan Lebaran menghadapi Idul Fitri tahun ini, meskipun masih kurang lebih 2,5 bulan, tapi alangkah baiknya apabila kita memberikan perhatian bersama, terutama dalam rangka persiapan yang semakin baik dari tahun ke tahun," kata Jokowi saat membuka ratas di Kantor Kepresidenan Jakarta, Senin.

Presiden menekankan bahwa persiapan yang perlu diantisipasi yang berkaitan dengan ketersediaan bahan-bahan pokok, persiapan sarana dan prasarana transportasi, serta persiapan dari sisi keamanan.

"Saya berharap dengan langka-langkah persiapan yang lebih awal dan lebih baik, pada Ramadhan tahun ini kita berharap saudara-saudara kita kaum muslimin dan muslimat dapat menjalankan ibadah puasanya dengan tenang, dengan aman, dan nyaman," kata Presiden.

Pelayanan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi seusai rapat koordinasi di Kemenko Kemaritiman Jakarta, Senin, mengatakan, menghadapi momentum Lebaran tahun ini, pemerintah bertekad untuk meningkatkan pelayanan publik.

"Yang paling penting kita akan meningkatkan kapasitas angkutan bersubsidi baik untuk penumpang maupun motor. Kalau sekarang ini, kita akan intensifkan di kereta api, bus, dan di kapal-kapal RORO (Roll On Roll Off)," katanya.

Budi mengatakan, akan membuat rute baru kapal RORO untuk tujuan Jawa Tengah dan Lampung dari Jakarta. Selain untuk mengurangi kemacetan, rute baru itu diharapkan dapat menekan angka kemungkinan kecelakaan dalam momentum sakral mudik. "Kapal kita akan buat Jakarta-Semarang dan Jakarta-Panjang (Bandar Lampung)," ujarnya.
 


(Akbar)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats