Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 29 Maret 2017 19:20 WIB

Presiden: Pastikan Semua Desa Terima Dana Desa

Jakarta, HanTer - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan adanya upaya percepatan pembangunan di desa-desa dengan mengoptimalkan dan mengefektifkan pemanfaatan dana desa.

"Sejak tahun 2015, pemerintah terus meningkatkan alokasi dana desa. Pada tahun 2015, dialokasikan Rp20,76 triliun, ditingkatkan lagi menjadi Rp46,98 triliun pada 2016. Dan pada 2017 ini, Pemerintah menyalurkan dana desa sebesar Rp60 triliun," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas bertema percepatan pembangunan desa di Kantor Presiden Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Terkait dengan penyaluran, Presiden sendiri mendapatkan laporan bahwa pada anggaran 2016, masih ada 4 kabupaten/kota yang dana desanya tidak cair dari rekening Kas Umum Negara ke Kas Umum Daerah karena keterlambatan di Pemerintah kabupaten/kota.

Selain itu ada 241 desa yang belum menerima dana desa karena berbagai faktor. "Saya minta masalah ini bisa segera diatasi. Dan tahun 2017 ini, saya minta dipastikan betul semua desa bisa menerima dana desa," katanya.

Oleh karena itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini berpesan agar penyaluran dan pemanfaatan dana desa tersebut bisa betul-betul efektif sehingga memberikan manfaat bagi warga di desa, terutama pada penurunan jumlah penduduk miskin di pedesaan.


(Arbi/Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats