Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 15 Maret 2017 17:50 WIB

Sinergi Kemenkop-UKM-LHK, Lakukan Pemberdayaan Kepada Bank Sampah untuk Menjadi Koperasi dan UKM

Palembang, HanTer - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM) dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyusun Sinergi Program Pengelolaan Bank Sampah melalui Perjanjian Kerjasama (PKS) tentang Pemberdayaan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Bidang Pengelolaan Bank Sampah. 
 
PKS tersebut ditandatangani oleh Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kemenkop UKM, Yuana Sutyowati Barnas dan Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3 KLHK) Tuti Hendrawati Mintarsih, Rabu (15/3/2017) di Palembang, Sumatera Selatan, bersamaan dengan acara RAKORNAS Pengelolaan Sampah. 
 
Sinergi program dua kementerian tersebut merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman (MoU) Nomor: PKS.1/MENLHK/PSLB3/PSLB./0/3/2016 dan nomor: 05/KB/M/KUKM/III/2016 tentang  Program Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah berbasis Lingkungan Hidup yang telah ditandatangani oleh Menkop UKM AAGN Puspayoga dan Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar di Makasar pada Maret 2016 lalu. 
 
Program pengelolaan Bank Sampah oleh kedua kementerian ini antara lain memberikan sosialisasi peningkatan kapasitas bank sampah menjadi koperasi dan UKM dan pelaksanaan pendampingan.
 
Kedua kementerian ini memiliki peran yang saling menunjang untuk bersinergi. Ditjen PSLB3 KLHK melakukan Pemberdayaan kepada Bank Sampah untuk menjadi Koperasi atau UKM, selain itu, bahwa pemberdayaan yang dilakukan meliputi peningkatan kapasitas kelembagaan Bank Sampah mulai dari struktur organisasi, tugas dan fungsi organisasi, sumber daya manusia (SDM) prasarana, manajemen, izin dan lainnya.
 
Kewajiban lain Ditjen PSLB3 KLHK adalah melakukan pemberdayaan produk industri kreatif, menyiapkan data Bank Sampah, mengkordinasikan pengembangan usaha Bank Sampah melalui program strategis KLHK dan melakukan monitoring dan evaluasi.
 
Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha, Yuana Sutyowati mengungkapkan bahwa Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kemenkop UKM melakukan sosialisasi penerbitan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) bagi usaha mikro dan kecil di bidang pengelolaan sampah. Kewajiban berikutnya adalah mengembangkan usaha koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah bidang pengelolaan bank sampah melalui program pendampingan, advokasi usaha dan mengkordinasikan pengembangan usaha koperasi dan UMKM di bidang pengelolaan Bank Sampah melalui program strategis Kementerian Koperasi dan UKM.
 
Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha lanjutnya mengatakan akan berkoordinasi dengan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah serta pemangku kepentingan (stakeholders) dalam rangka pengembangan koperasi dan UMKM di bidang pengelolaan bank sampah. Ditunjang penyediaan data program pendampingan dan IUMK dan monitoring evaluasi pelaksanaan teknis kerjasama pangkasnya.
 
Ditjen PSLB3 KLHK dan Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha bersinergi dalam penyusunan program aksi secara terpadu tersebut meliputi sosialisasi, penguatan legalitas usaha (IUMK), Advokasi Usaha, Pendampingan dan Kemitraan serta Sinergi program pemerintah pusat, pemerintah daerah dan stakeholder di bidang pengembangan usaha pengelolaan Bank Sampah.
 
Kedua pihak juga bersinergi dalam peningkatan akses pembiayaan, penguatan kelembagaan Koperasi dan UKM di bidang pengelolaan Bank Sampah. Kedua belah pihak juga akan mengembangkan program percontohan (pilot projek) usaha koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah di bidang pengelolaan Bank Sampah jelasnya.
 
Tentunya dengan pengelolaan bank sampah menjadi koperasi dan UKM, dapat memberikan edukasi kepada masyarakat jika di kelola dengan baik masih mempunyai nilai manfaat. Bahkan bukan seperti sampah, tetapi timbunan uang yang bisa dikelola dan dimanfaatkan.


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats