Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 28 Desember 2016 11:15 WIB

Jepang Dukung BPJS Ketenagakerjaan

Jakarta, HanTer-- Pemerintah Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA) mendukung sepenuhnya upaya BPJS Ketenagakerjaan dalam memperluas cakupan kepesertaan dengan mengadopsi model Shauroshi di Indonesia.  

Dukungan tersebut disampaikan dalam pembicaraan bilateral yang dilakukan oleh Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto dengan Pimpinan JICA diwakili oleh Suzuki Norito Senior Vice President JICA dan Kumagai Masato Deputy Director JICA.  

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Sumarjono Direktur Perencanaan Strategis dan IT BPJS Ketenagakerjaan, Kenzo Onisi President Shauroshi Federation Japan serta beberapa pimpinan Ministry of Health Labor and Welfare (MHLW) Japan.

Dalam kunjungan tersebut Agus Susanto juga memaparkan perkembangan implementasi piloting project Sharoushi di Indonesia.  Shauroshi diadopsi di Indonesia dengan nama Agen PERISAI atau Penggerak Jaminan Sosial Indonesia.

Agus menyampaikan pencapaian kinerja para Agen PERISAI di daerah Yogyakarta dan Jember sangat memuaskan. Dalam kurun waktu 2 bulan saja pasca peluncuran, agen PERISAI telah berhasil melakukan akuisisi di daerah Yogyakarta sebanyak 1.293 pekerja dan 181 pekerja di daerah Jember dengan kolektibilitas iuran mencapai 100%.

Dalam kunjungannya, Agus juga menjelaskan beberapa tantangan yang dihadapi,tidak hanya oleh BPJS Ketenagakerjaan, tapi juga dapat terjadi dengan PERISAI, yaitu faktor sosial ekonomi, demografi, budaya hingga regulasi yang ada.

"Kami berharap, kerjasama yang sudah terjalin dapat dituangkan dalam high level commitment untuk memastikan sarana pertukaran pengetahuan, penelitian dan pengembangan sistem jaminan sosial termasuk jaminan pensiun, serta implementasi Model Shauroshi di Indonesia dapat dilaksanakan secara optimal", pungkas Agus.


 


(AE)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats