Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 14 Juni 2016 22:40 WIB

Pemangkasan Subsidi Solar Berdampak Inflasi

Jakarta, HanTer - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin mengatakan rencana pemerintah memotong subsidi solar dari Rp1.000 per liter menjadi Rp350 per liter akan berdampak pada inflasi. Kendati begitu, Suryamin belum berani menyebut besaran inflasi yang akan muncul.

“Ada dampaknya (inflasi). Tapi kalau besaran itu berapa, belum bisa prediksi,” kata Suryamin di Jakarta, Selasa (14/6/2016).

Sementara itu Deputi Distribusi, Jasa, dan Statistik BPS, Sasmito Hadi Wibowo mengatakan, dampak terhadap inflasinya kecil karena konsumsi di masyarakatnya pun sedikit, yakni kurang dari lima persen. Sementara, dampaknya pada kenaikan tarif angkutan pun tergantung penggunaan.

Meski begitu, kata dia, kebanyakan moda transportasi umum saat ini masih menggunakan premium sehingga tidak akan berpengaruh. Paling yang terkena pengaruh seperti truk-truk pengangkut bahan pangan. "Pengaruh ke pangan, tapi butuh waktu. Nanti terlihatnya setelah naik, kalau belum ya enggak," jelas dia.

Selain itu, lanjut dia,, dampak inflasinya tak akan langsung dan akan sangat tergantung terhadap respons angkutan umum dan pangan. "Sekarang ini agak mix karena barengan dengan puasa dan Lebaran dan tahun ajaran baru. Misal naik atau berlaku pertengahan bulan (pemotongan subsidi), jangan-jangan baru terasa bulan berikutnya. Jadi momentumnya juga penting," jelas dia.

Menteri Energi dan Sumber Daya Minera (ESDM), Sudirman Said, memastikan harga jual solar tak akan naik meskipun ada rencana untuk memangkas anggaran subsidi. Apalagi, ia menegaskan bahwa besaran potongan subsidi telah memasukkan perhitungan adanya perbaikan harga minyak dunia yang kini tengah merangkak naik.

"Minyak dunia kan sesuatu yang tidak bisa kita kontrol. Kita punya kalkulasi dan prediksi, mudah-mudahan menuju akhir tahun tidak perlu ada kenaikan harga," papar dia. 

 


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats