Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 16 Oktober 2015 04:02 WIB

Gerakkan Perekonomian, Pakar: Pemerintah Harus Genjot `Eco-Tourism`

Jakarta, HanTer-Pakar ekonomi lingkungan Universitas Padjadjaran (Unpad), Martha Fani Cahyandito, menyarankan pemerintah menggenjot sektor `eco-tourism` guna menggerakkan perekonomian di Indonesia.

"Saat perekonomian lesu maka pariwisata menjadi kekuatan dan potensi sebagai sektor penggerak," kata Fani di Jakarta, seperti dikutip Antara, Kamis (15/10/2015).

Fani juga sepakat dengan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan membuka akses luas dan meningkatkan potensi sektor pariwisata di Indonesia. Dia menekankan peningkatan perekonomian melalui pariwisata harus dipastikan untuk pemerataan kesejahteraan masyarakat di daerah.

Lulusan Sarjana Strata Tiga (S3) Ekonomi Lingkungan dari University of Freiburg Jerman itu, menyatakan pemerintah perlu dukungan masyarakat guna meningkatkan sektor parisiwata di daerah.

Fani melanjutkan pemerintah Indonesia dapat memilih parisiwata lingkungan (eco-tourism) karena selain meningkatkan potensi pariwisata dapat juga menjaga lingkungan hidup. Dia juga menganggap pariwisata lingkungan dapat menjadi primadona penggerak ekonomi masyarakat Indonesia.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyatakan pariwisata merupakan sektor paling cepat untuk menggerakan roda perekonomian saat terjadi perlambatan ekonomi global.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengungkapkan kunjungan wisatawan di Indonesia mencapai 850.000 orang hingga Agustus 2015 atau meningkat 2,87 persen dibanding pada periode yang sama 2014.

Peningkatan wisatawan di Indonesia terjadi saat jumlah turis di negara Asia Tenggara mengalami penurunan. Hal itu, menurut Presiden Jokowi harus menjadi momentum untuk memperkuat dan meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.

Presiden Jokowi juga menilai promosi yang dilakukan Kementerian Pariwisata cukup bagus melalui siaran salah satu televisi swasta.


(adt)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats