Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 08 September 2015 22:46 WIB

UBPE Pongkor Salurkan Dana CSR Rp8,344 Miliar

Jakarta, HanTer - Unit Bisnis Pertimbangan Emas (UBPE) milik PT Aneka Tambang (Aneka) Tbk menyalurkan dana tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR) di lingkungan lokasi tambang sebesar Rp8,344 miliar pada tahun lalu.

"Dana CSR ini meliputi tiga program, yaitu program kemitraan, `community development` (pengembangan masyarakat), dan program bina lingkungan," kata staf CSR Antam Site Pongkor Agus Setiono di Kantor Antam Pongkor, Bogor, seperti dikutip Antara, Selasa (8/9/2015).

Ia menyebutkan total dana CSR UBPE Pongkor Rp8,344 miliar terdiri atas program kemitraan sebesar Rp2,895 miliar, pengembangan masyarakat sebesar Rp3,674 miliar, dan program bina lingkungan sebesar Rp1,775 miliar.

Agus mengatakan dana bahwa penyaluran dana CSR pada tahun 2014 itu untuk mengadakan kegiatan di sejumlah sektor, yakni sektor pendidikan, sektor kesehatan, sektor pembangunan ekonomi masyarakat, dan sektor sosial budaya, serta pelestarian alam.

Program di sektor pendidikan, kata dia, dilakukan untuk mendukung program-program di tingkat daerah, khususnya yang berkaitan dengan pemenuhan pendidikan dasar 9 tahun.

Kegiatan di sektor pendidikan, antara lain rehabilitasi sarana prasana sekolah dan penghargaan bagi guru, loka karya sekolah berwawasan lingkungan, dan beasiswa pendidikan kebidanan.

Dana CSR di sektor kesehatan ditujukan mendukung program-program di tingkat daerah untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dalam meningkatkan kesehatan ibu dan anak.

Kegiatan di sektor kesehatan yang didanai CSR UBPE Pongkor, kata dia, antara lain rehabilitasi rumah tidak sehat, pembangunan posyandu, dan operasi katarak.

Kegiatan lainnya di sektor sarana prasarana, antara lain pembangunan jalan antardesa dan bantuan sarana air bersih. Kemudian, program penangkaran benih padi varietas ciherang di sektor pembangunan ekonomi masyarakat.

Sektor sosial budaya dan pelestarian alam, antara lain prnguatan kelembagaan dan aktivitas kader konservasi, pembuatan pusat pembibitan tanaman asli kapasitas 500.000 bibit.

Adapun anggaran royalti PT Antam Tbk. pada tahun 2015, kata dia, sebesar Rp30,9 miliar.

Antam Pongkor memproduksi lebih dari 1.607 kilogram emas dan 13.352 kilogram perak pada tahun 2014.

Agus menjelaskan bahwa Antam Pongkor mulai beroperasi 1994 dan perkiraan umur tambang hingga 2019.


(Ris)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats