Di Publish Pada Tanggal : Sabtu, 01 Agustus 2015 06:47 WIB

Pelabuhan Dumai Disinggahi 44.511 Pemudik pada Lebaran 2015

Riau, HanTer - Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Dumai, Provinsi Riau mencatat pelabuhan setempat telah disinggahi sebanyak 44.511 orang pemudik rute lokal dan luar negeri musim angkutan Lebaran 2015.
 
Berdasarkan data posko terpadu angkutan lebaran 2015 pelabuhan Dumai pada H-7 hingga H+7 Idul Fitri 2015, tercatat jumlah pemudik datang di rute domestik sebanyak 16.090 jiwa.
 
Sedangkan jumlah masyarakat yang melakukan perjalanan mudik naik dari terminal penumpang Pelabuhan Dumai tujuan berbagai daerah lokal sebanyak 11.684 jiwa.
 
Jumlah total pemudik naik dan turun di pelabuhan Dumai rute domestik dalam sepekan sebelum dan sesudah lebaran yaitu sebanyak 27.774 penumpang.
 
"Penyelenggaraan posko terpadu angkutan lebaran 2015 di pelabuhan Dumai dimulai 15 hari sebelum dan 9 hari sesudah Idul Fitri," kata Koordinator Posko Angkutan Lebaran Joni T Simbolon, Jumat (31/7).
 
Jumlah pemudik datang dan berangkat yang singgah di pelabuhan Dumai rute luar negeri, yaitu Port Klang, Port Dickson dan Malaka Negara Malaysia tercatat sebanyak 16.737 jiwa.
 
Terdiri dari, 10.844 jiwa penumpang datang dan 5.893 pemudik berangkat di pelabuhan yang dilayani dengan menggunakan armada kapal feri milik salah satu perusahaan pelayaran di Dumai.
 
Puncak arus mudik lebaran penumpang datang rute lokal di pelabuhan Dumai diketahui mulai terjadi pada H-3 sebanyak 2.176 jiwa dan H-2 Idul Fitri 2.442 orang.
 
Sementara, puncak arus balik angkutan lebaran rute domestik terjadi pada H+7 sebanyak 2.250 jiwa orang berangkat di terminal penumpang pelabuhan Dumai.
 
Adapun puncak arus mudik luar negeri yang datang di pelabuhan Dumai terjadi pada H-2 sebanyak 1.314 jiwa dan pemudik berangkat H+6 lebaran dengan penumpang 760 orang.
 
Untuk penyelenggaraan angkutan lebaran 2015 di Dumai, 356 personel gabungan bertugas di empat posko terpadu pengamanan, terdiri dari KSOP, TNI Polri, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, tim kesehatan dan lainnya.
 
Kepala Dinas Perhubungan Dumai Bambang Sumantri menyebutkan, pendirian posko terpadu angkutan lebaran bertujuan untuk pengendalian, pengawasan dan penertiban kegiatan mudik balik lebaran masyarakat.
 
"Ini merupakan bentuk pelayanan pemerintah terhadap masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik lebaran demi keselamatan, ketertiban dan kelancaran arus lalu lintas," ujarnya.
 


(ruli)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats