Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 26 Juni 2015 04:29 WIB

Alternatif Pembayaran Non Bank Bagi Pelaku KUKM Semakin Terbuka

Bandung, HanTer - Berbagai alternatif pembiayaan nonbank kini banyak tersedia bagi pelaku Koperasi dan UKM (KUKM) di seluruh Indonesia setelah Kementerian Koperasi dan UKM menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga dan industri pembiayaan nonbank.

Asisten Deputi Urusan Asuransi dan Jasa Keuangan Kementerian Koperasi, Toto Sugiyono di Bandung, Kamis (25/6/2015) mengatakan bahwa pihaknya berupaya mencari alternatif pembiayaan untuk mempermudah KUKM dalam memperkuat modal.

“Selama ini banyak para pelaku koperasi dan UKM yang kesulitan mengakses modal dari bank, sehingga perlu ada alternatif pembiayaan bagi mereka,” kata Toto.

Selain itu, ada banyak nilai tambah yang didapatkan dari industri keuangan non bank. Oleh karena itu, pihaknya menggandeng sejumlah lembaga yang memungkinkan semakin banyaknya industri keuangan nonbank terjun menggarap segmen KUKM.

Beberapa lembaga yang telah bekerja sama di antaranya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui indusri keuangan non- banknya di antara Pegadaian, Jamkrindo, dan perusahaan pembiayaan/leasing.

“Selain itu kami menggandeng Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) untuk membiayai UKM potensi ekspor di berbagai wilayah,” katanya.

Bahkan pihaknya juga bekerja sama dengan Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) untuk membiayai dan memasyarakatkan asuransi bagi KUKM.
 


(Ris)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats