Di Publish Pada Tanggal : Senin, 05 Januari 2015 17:33 WIB

Tutup Buku APBN-P 2014, Enam Asumsi Makro Jokowi Meleset

Jakarta,HanTer - Pemerintah Jokowi gagal menutup buku APBN-P 2014 dengan mulus. Soalnya, dari tujuh asumsi pencapaian anggaran dan asumsi APBN-P 2014 yang ditetapkan, hanya satu yang sesuai dengan realisasi.

Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro mengatakan, bahwa lifting gas bumi satu-satunya yang tidak meleset pada tahun lalu. "Lifting gas cenderung sama 1.224 juta barel per hari setara minyak," ujarnya Bambang di kantornya, Senin (5/1).

Asumsi yang meleset, katanya, yaitu asumsi pertumbuhan ekonomi. Dalam APBN-P 2014 dipatok 5,5 persen, tetapi realisasinya sebesar 5,1 persen. Alasannya, besarnya transaksi berjalan membuat ruang gerak pemerintah terbatas dalam menggenjot perekonomian. "Ini masih sementara, belum final. Pertumbuhan ekonomi  di bawah target," terangnya.

Kemudian, untuk realisasi inflasi sebesar 8,36 persen pada 2014. Itu, katanya, jauh di luar perkiraan pemerintah yang memperkirakan inflasi sebesar 5,3 persen. Tahun ini, masalah inflasi menjadi salah satu perhatian utama presiden, "Tidak hanya pergerakan harga. Di 2015, akan fokus ke logistik, tata niaga dan masalah perdagangan," ungkapnya.

Dia menuturkan, untuk asumsi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada 2014, realisasi rata-rata per tahun sebesar Rp11.878 per dolar AS. Angka tersebut, lebih tinggi dari asumsi yang ditetapkan sebesar Rp11.600 per dolar AS. "Nilai tukar sudah diduga melemah," ujarnya.

Sementara itu, realisasi tingkat suku bunga Surat Perbendaharaan Negara (SPN) tiga bulan, yaitu 5,8 persen, meleset dari asumsi yang ditetapkan yaitu enam persen. Sedangkan, lifting minyak Indonesia hanya mampu 794 ribu barel per hari, dari yang ditargetkan 818 ribu barel per hari.

"Asumsi harga minyak Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP) realisasinya hanya US$97 per barel, dari asumsi yang ditetapkan US$105 per dolar, karena penurunan harga minyak," tambahnya.


(Anu)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus
free web stats