Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 30 Maret 2018 04:38 WIB

Hari Senin Abiye Ahmed Dilantik Sebagai PM Baru Ethiopia

Addis Ababa, HanTer - Parlemen Ethiopia akan melantik Abiye Ahmed sebagai Perdana Menteri terpilih pada Senin (2/4/2018) mendatang, setelah koalisi partai berkuasa memilihnya untuk menggantikan Hailemariam Desalegn sebagai ketuanya.
 
Koalisi berkuasa Ethiopia, Front Demokratik Revolusioner Rakyat, pada Selasa lalu, dalam pemungutan suara, memutuskan Abiye Ahmed akan mengambil alih pemerintahan.
 
"Dewan Perwakilan Rakyat akan mengadakan sidang luar biasa pada 2 April untuk mengambil sumpah Dr. Abiye Ahmed," kata lembaga itu dalam pernyataan.
 
Ahmed yang berusia 42 tahun merupakan purnawirawan letnan jenderal asal kelompok suku terbesar Ethiopia, Oromo.
 
Ethiopia adalah negara kedua berpenduduk terpadat di Afrika dan memiliki perekonomian dengan pertumbuhan tercepat di kawasan itu dalam satu dasawarsa belakangan ini.
 
Namun, rangkaian protes mulai bermunculan pada 2015 hingga menyebabkan ancaman terbesar pada EPRDF sejak koalisi itu mengambil kekuasaan pada 1991.
 
Pendahulu Ahmed, Hailemariam yang berasal dari etnis kecil Wollayta, bulan lalu mengundurkan diri setelah serangkaian protes muncul di Oromiya dan Ahmara. Di dua wilayah itu, masyarakat mengatakan mereka terpinggirkan dalam aspek politik dan ekonomi.
 
Ahmed sekarang akan menghadapi tekanan untuk meminta kalangan pemuda yang tak puas untuk mendorong reformasi yang dijanjikan.
 
Pelantikan Abiye Ahmed sebelumnya dijadwalkan berlangsung pada Sabtu ini, namun diundur tanpa ada alasan yang jelas.


(Hermansyah )



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats