Di Publish Pada Tanggal : Minggu, 28 Januari 2018 23:59 WIB

Raja Yordania: Yerusalem Timur Harus Menjadi Ibu Kota Palestina

Amman, HanTer - Raja Yordania Abdullah II bin al-Hussein telah mengulangi dukungannya untuk mendirikan sebuah negara Palestina merdeka, dengan menyatakan bahwa Yerusalem Timur al-Quds harus menjadi ibu kota negara tersebut.
 
Dalam sebuah pertemuan dengan Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier di Amman pada hari Minggu (28/1/2018), raja tersebut mengatakan bahwa pemerintahannya memiliki beberapa perbedaan besar dengan pemerintahan Presiden AS Donald Trump mengenai isu utama dalam konflik Israel-Palestina. "Kami percaya pada solusi dua negara, dengan Yerusalem sebagai ibukota Palestina," kata Raja Abdullah.
 
Pekan lalu, raja Yordania tersebut mengkritik pengakuan Presiden AS Donald Trump terhadap Yerusalem al-Quds sebagai ibu kota Israel, dan menekankan bahwa Yerusalem Timur al-Quds harus menjadi ibu kota negara Palestina.
 
Dalam pembicaraan dengan Wakil Presiden Mike Pence di Amman pada tanggal 21 Januari, Raja Abdullah menunjuk pada apa yang disebut solusi dua negara untuk konflik Israel-Palestina, dengan mengatakan bahwa langkah AS akan memicu radikalisme dan mengobarkan ketegangan Muslim dan Kristen.
 
"Bagi kami, Yerusalem (al-Quds) adalah kunci bagi umat Islam dan Kristen, seperti juga Yahudi. Ini adalah kunci perdamaian di wilayah ini dan kunci untuk memungkinkan umat Islam untuk secara efektif melawan beberapa akar penyebab radikalisasi kita," katanya.
 
Masyarakat Internasional menganggap kontrol administratif Israel atas Yerusalem Timur al-Quds sebagai pendudukan sejak rezim tersebut menyerang daerah tersebut selama Perang Arab 1967 dan kemudian mencaploknya. 


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats