Di Publish Pada Tanggal : Senin, 22 Januari 2018 18:32 WIB

Jaksa Spanyol Minta Pengaktifkan Kembali Surat Perintah Penangkapan saat Puigdemont berada di Denmark

Madrid, HanTer - Jaksa Spanyol kemarin meminta untuk mengaktifkan kembali surat perintah penangkapan terhadap Carles Puigdemont, di mana mantan pemimpin Catalan tersebut mendarat di Denmark untuk perjalanan pertamanya dari Belgia dalam tiga bulan pengasingan yang dilakukannya.
 
Puigdemont melarikan diri ke Brussels pada bulan Oktober setelah pihak berwenang di Madrid memecatnya dan menuduhnya menghasut referendum ilegal dan sebuah deklarasi kemerdekaan unilateral dari Spanyol oleh parlemen Catalan.
 
Carles Puigdemont pun kini merupakan kandidat teratas untuk memimpin Catalonia lagi setelah pemilihan regional bulan lalu memberi separatis mayoritas. Seorang reporter Reuters melihatnya datang melalui bea cukai di bandara Kopenhagen pada pukul 07.00 waktu setempat tanpa ditahan, ia masuk ke mobil dan pergi. 
 
Sesaat setelah kedatangannya di Kopenhagen, badan kejaksaan Spanyol mengatakan telah meminta Mahkamah Agung untuk mengaktifkan kembali surat perintah tersebut, dengan tuduhan penghasutan dan pemberontakan setelah dia melarikan diri ke Belgia. Meski demikian, Jaksa penuntut negara Denmark menolak berkomentar.
 
Setelah berminggu-minggu tenang, krisis politik yang dipicu oleh dorongan kemerdekaan Catalonia berkobar lagi minggu lalu ketika parlemen daerah yang baru memilih seorang juru bicara separatis pada pertemuan pertamanya. Bertepatan dengan pertemuan itu, pembicara mengusulkan Puigdemont sebagai presiden Catalonia.
 
Roger Torrent mengatakan pencalonan Puigdemont untuk sekali lagi melawan pemerintah daerah Catalonia "benar-benar sah," meskipun pemimpin separatis tersebut menghadapi proses pidana karena perannya dalam upaya kemerdekaan Catalonia.
 
Puigdemont mengatakan pada hari Jumat bahwa dia dapat dipilih kembali dan memerintah dari jarak jauh dari Brussels, namun pemerintah Spanyol mengatakan bahwa hal itu tidak akan dibiarkan terjadi. 


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats