Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 05 Desember 2017 22:40 WIB

Hariri Batalkan Pengunduran Diri

Beirut, HanTer - Kabinet negara mengatakan bahwa Perdana Menteri Libanon Saad Hariri telah mencabut pengunduran dirinya, satu bulan setelah dia membuat pengumuman keberangkatan mengejutkan ke Ibukota Saudi, Riyadh dan melemparkan negara Timur Tengah itu ke dalam kekacauan politik.
 
Pembatalan pengunduran diri Saad Hariri secara resmi terjadi pada Selasa (5/12/2017), menyusul kesepakatan yang dicapai dengan partai politik yang bersaing pada akhir pertemuan kabinet pertama yang diselenggarakan sejak 4 November.
 
"Kabinet mengucapkan terima kasih kepada Hariri atas posisinya dan karena mencabut pengunduran dirinya. Semua komponen politik pemerintah memutuskan untuk memisahkan diri dari semua konflik, perselisihan, perang atau urusan internal negara-negara Arab saudara, untuk melestarikan hubungan ekonomi dan politik Lebanon," demikian bunyi pernyataan kabinet.
 
Seperti diketahui sebelumnya, Hariri mengumumkan pengunduran dirinya melalui sebuah pidato televisi yang disiarkan langsung dari Riyadh, yang membuat Libanon mengalami ketidakpastian politik. Dia menuduh Iran dan Hizbullah menabur perselisihan di dunia Arab, namun tuduhan itu ditolak oleh kedua belah pihak.
 
Tak lama kemudian, Presiden Aoun menuduh Riyadh menculik Hariri. Uni Eropa, Prancis, dan Jerman juga meminta kerajaan tersebut untuk mengizinkannya kembali.
 
Sumber senior yang dekat dengan Hariri dan pejabat tinggi Libanon mengatakan bahwa Arab Saudi telah memaksa Perdana Menteri Lebanon untuk mengundurkan diri dan menempatkannya di bawah tahanan rumah.
 
Setelah absen hampir tiga minggu, Hariri kembali ke Lebanon pada 22 November dan menunda pengunduran dirinya ditahan atas permintaan Aoun untuk memungkinkan lebih banyak konsultasi mengenai masalah ini. 


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats