Di Publish Pada Tanggal : Minggu, 03 Desember 2017 23:52 WIB

Gempa Berkekuatan 6.0 SR Terjadi di Lepas Pantai Ekuador

San Vicente, HanTer - Gempa berkekuatan 6,0 melanda sepanjang pantai Ekuador pada hari Minggu (3/12/2017) di daerah yang sama dimana sebuah gempa mematikan telah menewaskan ratusan orang tahun lalu.
 
Presiden Lenin Moreno mengatakan bahwa tidak ada laporan segera tentang korban atau kerusakan besar akibat gempa tersebut, yang mengejutkan banyak warga Ekuador yang masih berada di tempat tidur tak lama setelah pukul 6 pagi (1100 GMT). Gempa tersebut dirasakan di 12 provinsi di seluruh negeri.
 
Survei Geologi Amerika Serikat mengatakan, gempa tersebut terjadi di kedalaman 25 kilometer yang berpusat di sekitar kota San Vicente. Meski demikian, pihak berwenang mengatakan bahwa tidak ada risiko tsunami atas gempa tersebut dan meminta ketenangan dari para warganya.
 
Mereka juga menyatakan keoptimismean bahwa orang-orang Ekuador siap menghadapi bencana alam setelah membangun kembali dari gempa berskala 7.8 di Pantai Pasifik yang menyebabkan lebih dari 600 orang tewas dan ribuan lainnya terluka dan kehilangan tempat tinggal.
 
"Kami telah membuat beberapa langkah besar dan lebih siap dari sebelumnya," kata Ricardo Penaherrera, seorang pejabat tinggi badan manajemen risiko Ekuador, menunjukkan bahwa pihak berwenang melakukan latihan gempa minggu lalu di wilayah yang sama, dimana gempa hari Minggu terjadi.
 
Dia mengatakan pihak berwenang masih menyelidiki daerah pesisir karena kerusakan, tapi selain mengetuk kekuasaan di beberapa daerah pedesaan, tidak ada laporan segera mengenai kerusakan besar.
 
Fabricio Diaz, gubernur provinsi Manabi, mengatakan petugas darurat hanya menerima 38 panggilan telepon, mayoritas dari penduduk yang menanyakan tentang pusat gempa tersebut dan bukan melaporkan kerusakan. Pelabuhan, bendungan, dan jalan raya di provinsi tersebut tidak terpengaruh, katanya.


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats