Di Publish Pada Tanggal : Senin, 20 November 2017 01:31 WIB

Argentina Belum Menemukan Kapal Selamnya yang Hilang di Atlantik

Buenos Aires, HanTer - Meski upaya maksimal sudah dilakukan, namun kapal selam milik militer Argentina yang hilang di pantai Atlantik selatan Argentina sejak Rabu (15/11/2017) pagi, hingga kini masih belum ditemukan. Seperti dilaporkan Reuters, Minggu (19/11/2017), badai dan ombak setinggi 6 meter di perairan Atlantik Selatan telah menghalangi upaya pencarian.
 
Sejak Jumat pagi lalu, militer Argentina telah menggelar upaya pencarian besar-besaran untuk menemukan kapal selam yang membawa 44 awak itu. Upaya pencarian termasuk menyisir dasar laut. Kru kapal selam ARA San Juan buatan Jerman terakhir melaporkan lokasinya berada 432 km (268 mil) dari pantai Atlantik, selatan Argentina.
 
Menurut Juru Bicara Angkatan Laut Argentina, Enrique Balbi, badai dan ombak ganas setinggi 6 meter terus mengganggu visibilitas dan upaya untuk mengeksplorasi laut selatan Argentina. “Meski begitu, kami tetap menggandakan usaha pencarian di atas dan di bawah permukaan air laut,” jelasnya.
 
Kapal selam yang hilang itu awalnya sedang menuju ke Mar del Plata dari Kota Ushuaia. Menurut Kementerian Pertahanan Argentina, awal kapal selam diketahui telah 7 kali mencoba menghubungi pangkalan Angkatan Laut terdekat, sebelum akhirnya hilang kontak.
 
"Panggilan itu dilakukan pada Sabtu (18/11/2017), ke basis yang berbeda antara pukul 10:52 pagi dan 3:42 siang dan berkisar antara empat sampai 36 detik," sebut pernyataan Kementerian Pertahanan Argentina, seperti dilansir dari CNN, Minggu (19/11).
 
Saat ini, militer Agrentina sedang mengupayakan kerjasama dengan perusahaan berbasis di Amerika Serikat (AS) yang mengkhususkan diri dalam komunikasi satelit untuk menentukan lokasi kapal selam.
 
Kapal selam itu terakhir terlihat pada pertengahan pekan ini di Teluk San Jorge, beberapa ratus kilometer di lepas pantai wilayah Patagonia selatan Argentina dan hampir berada di tengah-tengah pangkalan. 


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats