Di Publish Pada Tanggal : Minggu, 10 September 2017 18:32 WIB

Modi dan Abe Memulai Proyek Kereta Peluru Pertama di India

Ahmedabad, HanTer - Perdana Menteri India Narendra Modi dan mitranya dari Jepang Shinzo Abe akan merintis proyek kereta peluru pertama di India pada hari Kamis di negara bagian Gujarat barat, karena negara tersebut mencari perjalanan lebih cepat untuk jutaan orang.
 
Modi telah berjanji untuk menginvestasikan miliaran dolar untuk memodernisasi sistem kereta api yang berderit India, dengan kereta peluru salah satu janji utama pemilihannya menjelang kemenangan telak pada tahun 2014.
 
Para pemimpin akan meletakkan batu fondasi dari jaringan kereta api berkecepatan tinggi antara Ahmedabad, ibu kota negara bagian Modi, dan pusat keuangan India di Mumbai pada 14 September mendatang, sebuah pernyataan oleh pemerintah Gujarat mengatakan pada hari Sabtu.
 
Jepang adalah pelopor dalam jaringan kereta api berkecepatan tinggi, dan kereta peluru Shinkansen termasuk yang tercepat di dunia. Jepang akan memberikan 85 persen dari total biaya proyek pinjaman lunak senilai $ 19 miliar.
 
Kereta api akan mengurangi waktu tempuh antara kedua kota dari delapan menjadi tiga-3,5 jam, dan diperkirakan akan selesai pada Desember 2023. Ini akan memiliki kapasitas 750 penumpang. Jaringan perkeretaapian tradisional India adalah yang terbesar keempat di dunia menurut jarak dan tetap merupakan bentuk perjalanan utama negara yang luas, dengan 22 juta penumpang bepergian setiap hari.
 
Namun, penumpang harus sering mengalami penundaan kronis dalam perjalanan di jaringan era Inggris, di mana hanya beberapa kereta api yang mencapai 100 mil per jam, dan yang telah terkena serangkaian kecelakaan mematikan di tahun-tahun sebelumnya.
 
Modi baru saja mengganti jabatan menteri perkeretaapiannya setelah serangkaian deringan, termasuk satu bulan lalu yang menewaskan setidaknya 23 penumpang di negara bagian Uttar Pradesh utara. Pada bulan November, 146 orang meninggal dalam bencana serupa di Uttar Pradesh.
 
Kunjungan dua hari Abe ke Ahmedabad datang menjelang ulang tahun Modi yang ke 67 pada hari Minggu. Modi memiliki sejarah 'diplomasi ulang tahun' di negara asalnya, menjadi tuan rumah Presiden China Xi Jinping di Gujarat pada hari ulang tahunnya di tahun 2014.
 
Kedua pemimpin tersebut diharapkan bisa menandatangani beberapa kesepakatan selama kunjungan tersebut dan meresmikan sebuah taman industri Jepang di negara bagian yang sudah menjadi tuan rumah pabrik mobil Honda dan Suzuki.


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats