Di Publish Pada Tanggal : Sabtu, 12 Agustus 2017 19:45 WIB

Xi Desak Trump Tahan Diri pada Isu Nuklir Korut

Beijing, HanTer - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping telah membahas ketegangan yang meningkat mengenai Korea Utara. Dalam sebuah diskusi telepon, Presiden Xi mendesak Trump untuk menghindari retorika atau tindakan yang akan memperburuk ketegangan di semenanjung Korea, menurut media resmi China pada Sabtu (12/8/2017).
 
Amerika Serikat dan Korea Utara, dalam beberapa hari terakhir, telah mengalami retorika yang panas, mengancam untuk melakukan tindakan militer terhadap satu sama lain. "Saat ini, pihak-pihak terkait harus menahan diri dan menghindari kata-kata dan perbuatan yang akan memperburuk ketegangan di semenanjung Korea," kata Xi seperti dikutip media.
 
Dia mengatakan China siap untuk bekerja sama dengan Amerika Serikat untuk menyelesaikan masalah dengan tepat. Xi juga menekankan bahwa Beijing dan Washington memiliki kepentingan bersama dalam mencapai denuklirisasi di Semenanjung Korea dan menjaga perdamaian dan stabilitas di wilayah tersebut.
 
Dia menekankan bahwa pihak-pihak yang berkepentingan harus berusaha menyelesaikan masalah ini melalui dialog dan negosiasi, mencoba mencapai solusi politik. Tak hanya itu, China bersedia untuk tetap berhubungan dekat dengan Amerika Serikat, atas dasar saling menghormati, untuk mencari penyelesaian yang baik mengenai masalah ini, Xi meyakinkan.
 
Pejabat China telah berulang kali menyerukan dimulainya kembali perundingan 6 negara antara dua Korea, China, Rusia, Jepang dan AS mengenai denuklirisasi Semenanjung Korea sebagai jalan yang aman menuju perdamaian.
 
Disisi lain, Trump menginginkan jika masalah selama puluhan tahun ini diselesaikan "dengan cepat". Dia menggambarkan Korea Utara sebagai "negara yang telah berperilaku buruk selama bertahun-tahun, beberapa dasawarsa.
 
"Sebenarnya kami tidak ingin mengambil masalah ini dan saya tidak mempunyai pilihan lain selain memakainya, dan saya Mengambil itu dan kita akan menjadi sangat, sangat sukses dengan cepat atau kita akan menjadi sangat, sangat sukses dengan cara yang berbeda, dengan cepat," ucap Trump.
 
Sebelumnya Trump, pada hari Selasa, mengancam akan melepaskan "api dan kemarahan seperti dunia yang belum pernah ada sebelumnya" di Korea Utara jika Pyongyang tidak mundur.
"Solusi militer sekarang sepenuhnya ada, terkunci dan dimuat, seandainya Korea Utara bertindak tidak bijaksana," dia tweet pada hari Jumat.
 


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats